Kerusakan Pintu Air Tenajar Lor Makin Parah

7
MAKIN PARAH: Pamong desa menunjukan kondisi pintu air di B TU 4 Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, yang rusak dan butuh perbaikan.

INDRAMAYU – Kerusakan di pintu saluran air B Tirta Upaya (TU)  4 di Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, makin parah.

Bukan cuma tidak berfungsi, fondasi saluran juga rapuh. Kondisi ini dikeluhkan para petani dan pemerintah desa setempat.

Kuwu Tenajar Lor, Aep Saepudin mengatakan, kondisi pintu air yang rusak, membuat pasokan air ke areal pertanian di wilayahnya tidak maksimal.

Bukan hanya area pertanian di Tenajar Lor namun sawah di daerah lain seperti Kecamatan Sliyeg dan Kedokanbunder juga ikut terdampak.

“Lama sekali, lebih dari dua bulan, dan makin parah. Belum lagi fondasi senderannya saluran semakin rapuh. Akhirnya banyak yang ambruk, dan membuat dangkal saluran,” tuturnya.

Saluran yang dangkal menghambat pasokan air ke sawah. Sementara pintu air yang rusak membuat pengaturan air tak masimal.

“Kami berharap dinas terkait bisa memperbaiki pintu air B TU 4 di Desa Tenajar Lor ini. Apalagi saat ini kan jelang musim tanam rending, peran dari pintu air ini sangat penting untuk wilayah Sliyeg dan Kedokanbunder, atau bagi daerah lainya yang sumber airnya berasal dari B TU 4 ini,” ujarnya.

Senada diungkapkan, Uki (44). Sebagai warga, pihaknya mengeluhkan kondisi pintu air yang sudah lama rusak dan semakin parah.

Sebagai petani, ia berharap pintu air di B Tirta Upaya (TU) 4 bisa diperbaiki agar dapat berfungsi normal seperti semula.

“Mudah-mudahan bisa segera di perbaiki, jangan dibiarkan saja, karena peranan dari pintu air sangat penting bagi petani,” tuturnya. (oni)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.