Kesadaran Masyarakat Soal Sampah Masih Minim

262
0
Istimewa. BERSIH-BERSIH. Komunitas peduli lingkungan bersama BPDB dan karang taruna membersihkan sampah di sekitar sungai kemarin.
Istimewa. BERSIH-BERSIH. Komunitas peduli lingkungan bersama BPDB dan karang taruna membersihkan sampah di sekitar sungai kemarin.

BANJAR – Kesadaran masyarakat soal kebersihan masih minim, sehingga masih ada yang membuang sampah sembarangan ke sungai. Hal tersebut dikatakan pemerhati lingkungan Johan Wijaya.

“Kalau masyarakat sadar, otomatis akan berpikir berkali-kali buang sampah di sungai. Berpikir akan menimbulkan banjir (jika buang sampah ke sungai),” ujarnya di sela operasi bersih (opsih) di sungai Jumat (22/11).

Lanjut Johan, kesadaran menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan harus ditanamkan di masyarakat. Dirinya pun berharap seluruh masyarakat bersama-sama mengampanyekan gerakan bersih-bersih di lingkungannya masing-masing. “Dan menekankan pada diri untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Yoyo mengaku rutin melakukan bersih-bersih di setiap lingkungan di Kota Banjar.

“Kita terus gencar mengampanyekan gerakan bersih-bersih, hanya saja ada masyarakat yang sadar ada juga yang belum. Ini yang harus digerakkan, supaya mereka sadar,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat di Kecamatan Banjar mengeluhkan bau menyengat dari sampah di sekitar Sungai Cipaingan, anak Sungai Citanduy.

Sungai di perbatasan Lingkungan Banjarkolot Kelurahan Banjar dengan Dusun Karangtengah Desa Balokang itu “dijadikan” tempat sampah oleh oknum tidak bertanggung jawab. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.