Kesal Ditilang, Hina Polisi di Medsos

197

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – HN (27), pria asal Kecamatan Banjarsari diamankan Polres Ciamis. Dia diduga menyebarkan ujaran kebencian terhadap polisi di media sosial (medsos) Facebook melalui akun Han Sen Kris pada 1 November sekitar pukul 19.30.

Adapun ujaran kebencian yang ditulis oleh HN yakni, “Polisi bangsat bisana nindas rakyat mudah-mudahan tereh modar, Tapi teu dipodaran ge modar sorangan kwkwk.”

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SIK menjelaskan ujaran kebencian yang ditulis pelaku itu berhasil ditelusuri tim patroli siber. Pelaku mengunggah foto yang dilengkapi keterangan ujaran kebencian berbahasa Sunda. Akhirnya kurang dari 24 jam, pelaku berhasil diamankan di rumahnya pada Jumat (2/11) sekitar pukul 00.56. “Pelaku ini telah melakukan tindak pidana barang siapa tanpa hak sengaja untuk menyebarkan informasi elektronik pencemaran nama baik dan penghinaan,” ucap Bismo kepada wartawan saat jumpa pers, Senin (5/11).

Dari hasil pemeriksaan intensif, HN (27) mengaku membuat ujaran kebencian itu karena kesal terhadap polisi. Dia kesal lantaran ditilang polisi saat Operasi Zebra di wilayah Kecamatan Banjarsari. Pelaku sendiri ditilang lantaran tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tidak memakai helm. Motor yang digunakan juga tidak dilengkapi dengan aksesoris semestinya. “Anggotanya melakukan penilangan sesuai dengan prosedur. Jadi pelaku ini dalam kedaan salah,” terangnya.

Atas perbuatannya itu, HN dijerat pasal 27 ayat 3 Jo pasal 45 ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ancaman hukumannya pidana empat tahun penjara dan atau denda Rp 760 juta. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mem-posting atau meluapkan ujaran kebencian provokasi di media sosial karena jelas itu pelanggaran hukum,” tutur kapolres.

Sementara, barang bukti (barbuk) yang diamankan di antaranya tiga lembar fotokopi screen shoot Facebook atas nama Han Sen Keris dan sebuah handphone yang digunakan saat membuat posting-an ujaran kebencian. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.