Kesulitan Pupuk Subsidi, Petani di Garut Ontrog Dinas Pertanian

57
0
Kami menilai bahwa program pemerintah berupa kartu tani untuk subsidi pupuk juga memang tidak jelas realisasinya. Harus ada penjelasan mekanisme subsidi pupuk bagi petani.” Ayo Sunarya Koordinator Aksi

TAROGONG KIDUL – Ratusan petani dari berbagai wilayah di Kabupaten Garut mendatangi kantor Dinas Pertanian dan DPRD Garut, Rabu (23/9).

Kedatangan mereka sebagai aksi protes karena sulitnya mendapatkan kartu tani dan pupuk subsidi dari pemerintah.

Baca juga : Bantuan dari Kemenag untuk Pontren & Madrasah Garut Diduga “Disunat”

“Selama ini kami sulit dapat pupuk bersubsidi karena tidak punya kartu tani,” ujar Abdul (64), petani asal Tarogong Kaler usai aksi di depan kantor Dinas Pertanian Garut, kemarin.

Menurut dia, saat ini banyak petani di Garut tidak memiliki kartu tani. Karena tak memiliki kartu tersebut, para petani pun sulit membeli pupuk bersubsidi.

Abdul mengaku sudah mengajukan kartu tani. Namun hingga kini belum kunjung dibuatkan. Menurutnya, persoalan itu sudah berlangsung lama.

“Sekarang jadinya kami terpaksa membeli pupuk nonsubsidi yang harganya mahal. Tentunya ini sangat memberatkan,” katanya.

Suplai pupuk bersubsidi dari produsen selama ini disesuaikan dengan kebutuhan petani di lapangan. Petani yang memiliki kartu tani hanya bisa membeli sesuai kebutuhan dan itu tercatat dalam data.

“Masalahnya, data kami sudah masuk, termasuk data lahan yang digarap. Tapi pupuknya tidak bisa dibeli. Terus dikemanakan pupuknya kalau begitu,” ucapnya.

Baca juga : Jalur Cempaka-Terminal Guntur Garut Diisolasi, Ini Keluhan Ratusan Awak Angkot

Koordinator aksi, Ayo Sunarya menyebut kebijakan subsidi pupuk saat ini tidak berkeadilan. Dia menduga kelangkaan pupuk bersubsidi karena adanya pemainan oknum-oknum yang mengalihkan distribusi pupuk.

“Kami menilai bahwa program pemerintah berupa kartu tani untuk subsidi pupuk juga memang tidak jelas realisasinya. Harus ada penjelasan mekanisme subsidi pupuk bagi petani,” terangnya.
Sementara itu, Dinas Pertanian Garut belum memberikan komentar terkait keluhan para petani itu. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.