Beranda Insiden Ketua Gaza vs PDIP, Aas Divonis 1 Tahun Penjara

Ketua Gaza vs PDIP, Aas Divonis 1 Tahun Penjara

183
BERBAGI

TASIK – Kasus pelanggaran UU ITE yang menjerat Ketua Umum Ormas GAZA, Aas Dani Hasbuna, memasuki tahap pembacaan putusan, Selasa (13/2).

Sidang yang berlangsung di kantor Pengadilan Negeri Tasikmalaya Klas 1A di Jalan Siliwangi No 18 Kecamatan Cihideung itu, Ketua Majelis Hakim Guse Prayudi SH MH, memvonis
terdakwa dengan hukuman 1 tahun penjara. Dengan masa percobaan selama 2 tahun.

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?

Sebab, Aas Gaza terbukti bersalah karena telah melanggar pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) tentang Undang-Undang ITE.

Artinya, Aas tidak perlu mendekam di penjara, jika selama masa percobaan 2 tahun Aas tidak melakukan tindak pidana yang sama, baik untuk partai PDIP maupun untuk organisasi atau orang lain.

Sebaliknya, jika Aas melakukan tindak pidana yang sama, maka hukuman 1 tahun penjara harus dilaksanakan.

“Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada, maka terdakwa Aas Dani Hasbuana terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan informasi/dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran baik,” ujar Guse saat membacakan putusan.

Ditemui usai sidang, Aas mengatakan, pihaknya menerima putusan tersebut. Sebab sudah menjadi konsekuensi yang harus ia jalaninya.

“Sejak jauh-jauh hari saya sudah mempersiapkan mental untuk menghadapi vonis hakim,” katanya.

Ia juga menambahkan, diluar kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap PDIP yang ia lakukan, bahwa dirinya maupun ormas Gaza yang ia bawahi sebetulnya memiliki hubungan baik dengan PDIP.

“Upaya damai pun sudah kami lakukan, dan hubungan kami dengan PDIP itu baik-baik saja sebetulnya. Bahkan di sekolah kami (SMA Gaza,red) ada 11 orang anak dari pengurus PDIP yang kami sekolahkan gratis,” Kata Aas kepada awak media. (sal)

loading...