KH Dadang Gantikan KH Edeng

341
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA LANTIK. Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum melantik pengurus DKM Masjid Agung Baiturrahman, Bojongkoneng, Singaparna di gedung setda kemarin.

SINGAPARNA – KH Dadang Faruq, pimpinan Pondok Pesantren Al-Fadillah Singaparna menjadi ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Baiturrahman, Singaparna periode 2017-2020 menggantikan KH Edeng ZA. Kemarin (4/12), dia dilantik bersama jajaran pengurus oleh Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum di Setda Kabupaten Tasikmalaya.
Bupati Uu meminta pengurus DKM Agung Baiturrahman yang baru menjadikan masjid bukan hanya untuk ibadah ritual. Tetapi untuk kegiatan sosial kemasyarakatan dengan niat ibadah untuk kemaslahatan umat. Selain itu, juga menjadi tempat pendidikan. Seperti pengajian para kiai dan ulama. Yang mengajarnya ulama sepuh. “Jadi pengajiannya pakai kitab. Yang datangnya para kiai. Sebulan sekali atau mingguan,” ujar Uu kepada Radar di setda kemarin (4/12).
Menurut dia, pendidikan TKA dan madrasah diniah bisa dilakukan di Masjid Baiturrahman dengan legalitas dari DKM. Dengan begitu masjid akan semakin meriah oleh kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan pendidikan. Termasuk menggelar kegiatan setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan remaja masjid.
Pengelolaan Masjid Agung Baiturrahman, kata Uu, kewenangannya didelegasikan kepada pengurus DKM. Pemerintah memberikan kuasa penuh kepada pengurus DKM demi kebaikan dan siar agama. Tahun depan anggaran dari pemerintah daerah juga akan langsung dihibahkan kepada pengurus DKM Baiturrahman. “Jadi kalau ada renovasi masjid, dalam sistem pembangunannya diserahkan kepada DKM. Tidak ke pihak ketiga atau pemborong,” jelasnya.
Ketua DKM Masjid Agung Baiturrahman lama, KH Edeng ZA mengatakan menurut SK bupati, masa jabatan sebagai ketua DKM Baiturrahman sudah habis. “Saya sudah enam tahun menjabat. Sudah dua periode,” ungkapnya.
KH Edeng meminta kepada pengurus DKM baru agar program-program kegiatan di masjid menjadi lebih baik. Dari sisi pembangunannya, seperti contoh belum adanya pagar masjid bisa dibuatkan. “Saya mengharapkan pengurus yang baru, bisa lebih bagus dari saya dan masjid lebih maju lagi, diperuntukkan untuk siar agama,” paparnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.