Khasiat Biji Salak Cegah Penuaan Dini, 5 Mahasiswa Brawijaya Presentasi di Thailand

1104
0

JAKARTA – Setiap orang mendambakan wajah awet muda, terutama wanita. Kaum hawa rela menghabiskan uang puluhan hingga ratusan juta hanya demi merawat wajah mereka.

Para wanita rela membeli krim wajah dengan harga selangit. Sebagian dari mereka melakukan perawatan di salon kecantikan setiap minggu atau setiap bulan.

Atas dasar itulah, lima mahasiswa Universitas Brawijaya Malang melakukan penelitian khasiat biji salak untuk mencegah penuaan dini.

Lima mahasiswa Program Studi Farmasi itu meneliti manfaat biji buah salak untuk bahan kosmetik, yakni anti-penuaan dini. Kini hasil penelitian itu dipresentasikan di Thailand.

Daniel Matin AG, salah seorang anggota tim penelitian menjelaskan bahwa selama ini biji buah salak hanya dianggap limbah yang tidak berguna. Sebab, warga tidak tahu khasiat biji salak.

“Padahal ada kandungan polifenol dalam biji salak yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dengan cara menekan radikal bebas akibat sinar ultraviolet matahari dan mencegah penurunan kolagen,” katanya saat dihubungi Antara.

Daniel dan rekan timnya, Putu Dewi Pradnya Paramitha, Dewinta Intan Rachmawati, Vicka Marcellia Indriawati, dan Eki Mayuka Trisnawati melakukan penelitian yang dikatakannya sebagai pengembangan penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait.

“Proses pembuatan diawali dengan pengumpulan bahan baku, yaitu biji salak. Biji salak dikeringkan dengan oven pada suhu tinggi untuk mengurangi kadar air sehingga diperoleh serbuk biji salak yang lebih efektif diekstraksi. Biji salak kering dihancurkan hingga menjadi serbuk kemudian dimaserasi,” katanya.

Terlebih dahulu, kata dia, dilakukan pemisahan ampas dan filtrat untuk didapat ekstrak cair biji salak. Ekstrak cair biji salak diolah lagi untuk didapatkan ekstrak kental.

Dia menambahkan bahwa, bahan-bahan tersebut kemudian diolah kembali sampai berbentu serum dengan partikel berukuran nano.

“Alasan dibuat sediaan antiaging dalam bentuk serum dikarenakan serum memiliki basis air yang lebih sesuai dengan cairan di tubuh sehingga lebih mudah menembus ke dalam lapisan kulit,” katanya.

Sedangkan penghantar serum yang digunakan adalah transfersom yang memiliki karakteristik lebih fleksibel dalam menembus pori-pori kulit yang kecil tanpa memecah transfersom hingga ke target.

Khasiat Biji Salak

Biji salak memiliki kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, pati, air, dan juga selulosa. Hampir semua kandungan tersebut mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kesehatan tubuh tidak hanya diukur dari daya tahan tubuh, tapi juga dari fungsi organ tubuh. Biji salah ini berkhasiat untuk membantu organ tubuh tetap sehat sehingga berfungsi lebih optimal.

1. Melancarkan peredaran darah

Khasiat biji salak yang pertama adalah mampu membuat peredaran darah Anda tetap lancar. Kandungan alami dalam biji buah ini akan membuat aliran darah menyebar dengan rata hampir ke semua bagian tubuh. Darah yang lancar tidak akan memicu penyakit penyumbatan darah.

2. Obat asam urat

Khasiat biji salak juga dapat diberikan kepada penderita asam urat. Biji buah ini mengandung senyawa sehat yang pas untuk mengatasi penyakit asam urat. Kegunaannya juga bagus untuk menyehatkan urat dan bagian lain di tubuh.

3. Melancarkan pencernaan

Khasiat biji salak baik digunakan dalam rangka melancarkan pencernaan. Selain lebih teliti dalam mengonsumsi jenis makanan, Anda juga perlu mencoba biji ini untuk membuat pencernaan Anda terbebas dari penyakit. Terutama penyakit pencernaan akibat ulah bakteri maupun kuman.

4. Menyehatkan otot tubuh

Khasiat biji salak untuk otot tubuh sangatlah bagus. Biji buah ini dapat menjadi bahan konsumsi herbal yang meningkatkan kesehatan otot. Bagi Anda yang sering mengalami kram atau otot yang kaku, maka Anda perlu menggunakan biji buah ini sebagsi solusi tepat yang ampuh untuk menyehatkan otot.

5. Menambah kecerdasan otak

Khasiat biji salak ternyata juga bisa membuat kecerdasan Anda meningkat. Biji buah ini mengandung banyak senyawa alami yang dapat merangsang kecerdasan otak dalam berpikir dan juga berkonsentrasi. Anda juga dapat terhindar dari penyakit psikis seperti stress dan juga depresi.

6. Meningkatkan stamina

Manfaat biji salak akan menambah stamina pada tubuh. Biji buah berwarna cokelat ini mampu membuat stamina Anda tetap terjaga. Hasilnya, Anda akan tidak mudah letih serta lesu. Anda juga dapat menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa takut akan terjangkit penyakit dengan mudah.

7. Sumber energi

Biji salak bisa Anda jadikan sumber energy yang menyehatkan. Kandungan alami dalam biji buah ini mampu menjadikan tubuh Anda tetap kuat karena dapat memberikan asupan energy yang cukup. Hanya dengan biji ini saja Anda bisa bertenaga tanpa harus mengonsumsi obat yang memiliki efek samping.

8. Menyehatkan lambung

Lambung Anda juga bisa Anda sehatkan dengan baik menggunakan biji salak. Biji buah ini akan memberikan nurtisi yang lengkap pada lambung. Lambung Anda tidak hanya akan berfungsi dengan baik dalam tubuh, namun juga terhindar dari penyakit lambung seperti maag dan penyakit radang.

9. Baik untuk kesehatan usus

Kesehatan usus dapat Anda peroleh dengan mudah menggunakan biji salak. Konsumsi biji buah ini dengan rutin maka Anda akan mendapatkan usus yang berfungsi lebih baik dan juga lebih sehat. Penyakit pada organ usus pun bisa dicegah sejak dini sebelum terlambat.

10. Mencegah susah buang air besar

Kesulitan buang air besar merupakan tanda dari tubuh Anda yang tidak sehat. Hal ini terjadi karena Anda kurang mengonsumsi makanan berserat. Untuk mengatasinya sebelum bertambah parah, gunakanlah biji salak. Biji buah ini akan membantu organ pencernaan Anda untuk mengolah makanan dengan lebih baik.

Selain itu, biji salak juga berkhasiat untuk meredakan nyeri, anti inflamasi, menyehatkan otak, mencegah depresi, dan enenangkan pikiran. (one/pojoksatu)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.