Khawatir Generasi Buta Buku

50
0
LITERASI. Pegiat literasi Komunitas Kacapi mengajak anak panti asuhan Amanah BTH Tasikmalaya untuk gemar membaca buku, Senin (20/5). RANNGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TAWANG – Minat baca masyarakat saat ini semakin lemah. Prihatin dengan kondisi tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Kawanan Pembaca Pinggiran (Kacapi) menggelorakan semangat literasi dengan berbagai cara.

Pada Senin (20/5) sore, Komunitas Kacapi mendatangi Yayasan Panti Asuhan Amanah BTH di Cilolohan Kecamatan Tawang. Mereka datang dengan membawa beragam buku dongeng untuk anak.

Pada kesempatan itu salah satu mahasiswa membacakan dongeng menarik untuk anak-anak panti. Selain mendongeng, anak-anak juga diajak bermain game-game kreatif serta mewarnai.

Komunitas Kacapi ingin mengajak masyarakat gemar membaca. Buku dongeng dipilih karena dianggap lebih disukai anak-anak. “Untuk anak kan yang penting kita berikan motivasi untuk membaca dulu,” ujar Koordinator Komunitas Kacapi, Rizky Arya Mahesa.

Rizky berharap semangat membaca anak-anak panti terus tumbuh sampai dewasa. Dengan demikian, literasi di masyarakat tidak pernah hilang di kemudian hari. “Sekarang mereka hanya baca buku dongeng, diharapkan terus berkembang seiring dengan pertumbuhannya,” tutur dia.

Komunitas Kacapi juga khawatir pemuda-pemuda generasi mendatang buta buku. Kekhawatiran ini muncul tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi yang menggerus minat baca buku. “Kami prihatin sekarang kebanyakan anak lebih kenal game di gadget dari pada dongeng pengantar tidur, jika dibiarkan akan berbahaya,” katanya.

Selain mendatangi panti, komunitas ini biasanya membuka lapak baca di Taman Kota Tasikmalaya. Biasanya kegiatan itu terjadwal setiap minggunya untuk mengajak masyarakat membaca buku secara gratis. “Kalau di lapangan, kita tidak hanya buku dongeng tapi berbagai jenis buku yang kita punya, kita keluarkan,” tuturnya.

Loading...

Pengasuh panti asuhan Amanah menyambut baik apa yang dilakukan oleh para pegiat literasi di Komunitas Kacapi. Diharapkan anak-anak asuhnya benar-benar jadi orang yang gemar membaca buku untuk bisa menjadi bekal kehidupannya. “Bukan hanya itu, saya juga harap nanti mereka seperti kakak-kakak ini (komunitas Kacapi) yang mengajak masyarakat gemar membaca,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.