Kibarkan 17 Merah Putih Sepanjang Jalan Kota Tasikmalaya

105

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Kirab Satu Negeri yang membawa 17 bendera Merah Putih akan singgah di Kota Tasikmalaya, Selasa (23/10). Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang ditugaskan mengawal keamanan bendera diseleksi dan menjalani proses karantina terlebih dahulu.

Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya H Ricky Assegaf mengatakan bendera Merah Putih bukan semata kain yang diwarnai. Sangsaka tersebut merupakan bendera negara yang memiliki nilai sakral dan harus dijaga sepenuh hati. “Ini bukan bendera biasa, punya nilai paling tinggi di banding semua bendera yang ada di negara kita,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (21/10).

Dalam Kirab Satu Negeri nanti, kata dia, Banser Kota Tasikmalaya akan mengawal perjalanan 17 bendera tersebut sampai penyerahan ke Pemerintah Kota Banjar. Pihaknya tidak ingin mereka hanya sekadar mengawal atau membawa sangsaka. “Kita tugaskan 17 anggota Banser, jadi masing masing bertanggung jawab terhadap keamanan bendera,” tuturnya.

Ketua Pelaksana Kirab Satu Negeri Kota Tasikmalaya Opik Taufikul Haq menambahkan digodoknya 17 banser tersebut dengan karantina, selama tiga hari tiga malam dan diberikan pembekalan baik dari fisik, mental dan spiritual. “Jadi Banser yang akan mengawal bendera sudah siap secara fisik, mental juga spiritualnya,” terang Opik.

Pihaknya memberikan pelatihan fisik karena selama perjalanan bendera akan dibawa dengan menggunakan mobil Jeep, namun tidak dipasang atau disimpan. Melainkan harus dikibarkan sepanjang perjalanan, sehingga untuk melaksanakannya perlu fisik yang kuat. “Jadi kami instruksikan banser untuk tidak melepaskan tangan dari bendera yang dikawal,” ujarnya.

Sementara pembekalan secara mental dan spiritual dilakukan untuk menguatkan nasionalisme dari banser yang melakukan pengawalan. Mereka harus mencurahkan kecintaan kepada negara melalui bendera yang dijaga selama perjalanan menuju Kota Banjar. “Kalau kecintaan kepada negara sudah tertanam kuat, tugas itu pun akan dilakukan dengan bersungguh-sungguh,” katanya.

Kemarin, 17 Banser melakukan latihan penjemputan dan pengawalan bendera merah putih di lingkungan Bale Kota Tasikmalaya. Penyelenggara mengharapkan prosesi Kirab Satu Negeri itu bisa terlaksana dengan aman dan lancar.(rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.