Lima Eselon II Dirombak

Kinerja Asisten Daerah Harus Dioptimalkan

207
0
DIROTASI. Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) H Abu Mansyur dirotasi menjadi Asisten Daerah Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Gedung Serba Guna, Bale Kota, Kamis (2/1). FIRGIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
DIROTASI. Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) H Abu Mansyur dirotasi menjadi Asisten Daerah Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Gedung Serba Guna, Bale Kota, Kamis (2/1). FIRGIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

BUNGURSARI – Hari kedua di 2020, Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman merombak posisi 207 pejabat. Di antaranya lima eselon II yang dilantik di Gedung Serba Guna, Bale Kota, Kamis (2/1) sore.

Budi mengatakan, rotasi mutasi ini dilakukan kepada 187 pejabat struktural, 17 kepala sekolah, 1 kepala sanggar kegiatan belajar (SKB) dan 2 kepala UPTD Puskesmas. Perombakan posisi pejabat kali ini merupakan bagian dari kebutuhan organisasi dan dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai.

“Termasuk untuk menyesuaikan dengan penetapan struktur organisasi tata kerja (SOTK) yang baru serta melancarkan tugas pelayanan publik pada sejumlah jabatan yang mengalami kekosongan. Pelantikan ini hendaknya dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan hanya sekadar penempatan pejabat dan kepentingan tertentu,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, penempatan posisi ini tidak sertamerta, melainkan dengan pertimbangan yang matang. Karena, mereka yang dirotasi atau mutasi harus memiliki kompetensi dan dapat mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta tanggungjawab dalam menjalankan tugasnya.

“Termasuk mempunyai jiwa semangat membentuk pemerintahan good government, menghindari KKN dalam pelaksanaan program kerja,” katanya.

“Kemudian memiliki wawasan jauh ke depan, memiliki terobosan yang positif, melalui pemikiran yang kreatif, inovatif untuk kepentingan organisasi,” katanya, menambahkan.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan mengatakan, pada rotasi mutasi kali ini ada lima pejabat eselon II yang dilantik seperti H Tarlan sebagai inspektur, H Tedi Setiadi sebagai kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, H Achdiat Siswandi sebagai kepala Badan Pendapatan Daerah, Gungun Pahlagunara sebagai kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) serta H Abu Mansyur yang semula kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menjadi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Loading...

“Rotasi mutasi dan promosi tersebut menyisakan satu kursi kosong di eselon II, yakni Badan Kesbangpol. Kesbangpol kosong, kemungkinan akan dilaksanakan open bidding. Tetapi kalau pun tidak, itu harus menempuh rekomendasi dari KASN dalam mengisinya. Sekarang daerah tidak terlalu leluasa dalam pergeseran di posisi strategis seperti eselon II,” kata Ivan.

Kata Ivan, dalam pelantikan ini ada penekanan kepada Asda I yang baru dilantik, H Abu Mansyur yang diharapkan bisa menambah kesolidan di Setda Kota Tasikmalaya sebagai pusat segala rujukan pemerintah.

“Pak wali sudah menegaskan supaya fungsi asisten itu dioptimalkan, masing-masing asisten memiliki lingkup koordinasi instansi yang harus dikelola,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, para asisten diperkenankan secara detail melaksanakan rapat koordinasi bersama instansi di lingkup kerjanya masing-masing.

“Nanti secara detail asisten melaksanakan rapat koordinasi termasuk evaluasi program kegiatan di instansi-instansi di lingkup koordinasi masing-masing,” harapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.