Kirim Foto Bugil, Diperas Ratusan Juta

195

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Polres Ciamis membekuk PM alias Okek (25) yang diduga telah memeras pacarnya, Tu (50) asal Kecamatan Ciamis hingga mencapai Rp 484 juta. Modusnya, pria asal Bandung itu mengancam akan menyebarkan foto bugil korban.

Tu berkenalan dengan Okek melalui media sosial (medsos) Facebook pada 2 Maret 2018. Pelaku mengaku kepada korban sebagai pekerja di pertambangan minyak dan gas (migas) di tengah laut Jawa. Setelah rutin berkomunikasi, cinta Tu pun semakin bergelora. Sesekali saling kirim foto aktivitas masing-masing. Bahkan Tu rela mengirimkan foto dirinya tanpa busana.

Mendapati foto bugil korban, watak jahat Okek pun muncul. Dia menelepon korban dan meminta uang untung ongkos pulang dari tempat kerjanya. Permintaan pelaku ditolak. Namun, dia tak habis akal. Dia mengancam akan menyebarkan foto bugil korban ke medsos bila tidak mentransfer uang kepadanya. “Pada akhirnya pengakuan korban kepada anggota kami, setelah diancam itu mengirimkan uang kepada pelaku,” terang Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SIK kepada wartawan dalam jumpa pers, Senin (5/11).

Total uang yang diberikan korban ke pelaku mencapai Rp 484.000.000. Uang tersebut ditransfer dalam tiga tahap ke tiga rekening berbeda. Yakni rekening BRI atas nama Dvara Nopabian, BCA atas nama Jemi Sambanga dan BNI atas nama Dian Novitasari.

Kesal karena terus-terusan diperas, korban pun menyetop pengiriman uang. Dia melaporkan pelaku ke Polres Ciamis pada 1 Juli lalu. Dari penuturan korban, polisi langsung melacak keberadaan Okek. Akhirnya pada Oktober, pelaku ditangkap di sebuah apartemen di Bandung.

Dari hasil interogasi penyidik, Okek mengakui upaya penipuan terhadap korban. Ternyata dia juga tidak sedang bekerja di pertambangan. Tetapi seorang residivis kasus pencurian dan kekerasan (curas). Bahkan awal mula berkenalan dan memeras korban, dia sedang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jelekong Bandung. Setelah keluar Lapas, pelaku masih memeras korban.

Sementara itu, dari tangan pelaku, Polres Ciamis berhasil mengamankan barang bukti (barbuk) berupa satu buah handphone dan setruk transfer. “Untuk kasus kali ini, kita kenakan pasal 378 Jo 372 KUHP tentang dugaan tin dak pidana penipuan atau penggelapan uang dengan ancaman hukuman enam tahun penjara,” tutur kapolres. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.