Kisruh Ganti Lahan Bendungan Leuwikeris Ciamis tak Pernah Usai, Ini Kata Dewan

81
0
H Nanang Permana SH Ketua DPRD Kabupaten Ciamis & Sopwan Ismail SPsi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis
Loading...

CIAMIS – Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H Nanang Permana SH berharap hak-hak semua warga terdampak proyek Bendungan Leuwikeris terpenuhi. Termasuk membayarkan semua uang pengganti tanah yang terpakai proyek tersebut.

“Karena janjinya tersebut akan dibayarkan semuanya di bulan Desember 2020,” kata Nanang, Selasa siang (29/12).

Politisi senior ini berharap pengambil otoritas proyek tersebut harus melaksanakan janji bahwa pembayaran uang pengganti lahan tidak lewat Desember tahun 2020.

“Kalau ingkar janji, kami takutkan akan menimbulkan reaksi besar nantinya,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Sopwan Ismail SPsi juga berharap pembayaran uang pengganti tanah masyarakat yang terdampak Bendungan Leuwikeris harus segera terselesaikan, karena Desember 2020, waktunya mepet.

Loading...

Tinggal beberapa hari lagi. Kalau sampai pembayarannya lewat 2020, dia khawatir akan menimbulkan reaksi dari masyarakat dari tiga kelurahan yang sampai Selasa (29/12) belum mendapatkan uang pengganti.

Baca juga : Hujan Angin & Longsor Landa 6 Kecamatan di Ciamis, 1 Warga Tewas

Karena terjadi kecemburuan sosial setelah warga dari dua desa sudah menerima uang pencairan, sementara tiga kelurahan belum.

“Tentunya ini harus cepat diselesaikan dan ditangani, karena nantinya bergejolak dan masyarakat akan audiensi kembali ke DPRD Ciamis,” ujarnya.

Dihubungi terpisah Apip (45) yang mempunyai tanah di Kelurahan Cigembor, sekitar 200 bata dan terdampak Bendungan Leuwikeris, tadinya sudah senang akan mendapatkan uang pengganti di bulan Desember 2020. Namun sampai saat ini belum ada informasi pencairan.

“Saya sangat butuh uang, karena banyak utang yang sudah numpuk pinjam sana sini, janji akan dibayar Desember karena ada pencairan, namun tidak cair-cair. Saya jadi pusing,” ujarnya.

Jika Desember ini tidak juga cair, dia bersama masyarakat lainnya akan kembali beraudiensi ke DPRD Ciamis.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi, Humas BBWS Rahmat menyampaikan bahwa pencairan dana untuk penggantian lahan terdampak Bendungan Leuwikeris bagi warga di tiga kelurahan, semoga dilaksanakan minggu pertama di bulan Januari 2021.

“Kami sampaikan mohon bersabar, karena semuanya juga akan diproses sesuai dengan tahapan. Intinya harus bersabar,” ujarnya.(isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.