Kisruh Penertiban Aset KAI Daop 3 Cirebon, Warga Punya Kekuatan Ini..

154
0
TUNJUKAN SURAT IZIN DARI KERATON
Tampak seorang warga menunjukkan surat keterangan izin dari Keraton Kasepuhan, Rabu (29/07). Foto: dedi heryadi/ radarcirebon.

CIREBON – Penertiban yang dilakukan PT KAI Daerah Operasi 3 (Daop 3) Cirebon, terhadap dua aset rumah perusahaan di Jalan Ampera Nomor 31A dan 33A Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi, dikeluhkan warga.

Pasalnya, warga berpendapat bahwa kedua rumah perusahaan no 31A dan 33A itu didirikan di atas tanah milik Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Kami di sini bukan pemilik, hanya menempati. Kenapa PT KAI tidak ada negosiasi dengan pemilik tanah Keraton Kasepuhan Cirebon,” ungkap Iswardi Cahyana, salah seorang warga setempat, Rabu (29/07).

Menurut dia, PT KAI telah mengelak dan mengaku tidak ada sangkut paut dengan Keraton Kasepuhan Cirebon yang statusnya sebagai pemilik.

Sejak tahun 2012 lalu, kata dia warga sudah menempati lahan tersebut dengan mengantongi izin penempatan dari Keraton Kasepuhan.

Bahkan, setiap tahunnya, warga memperbarui surat izin tersebut sebagai legalitas.

“Kami dapat izin dari Keraton sejak 2012. Lalu setiap tahun diperbaharui. Terakhir kami memperbarui izin yang terbit 15 Januari 2020,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon melakukan penertiban 2 aset berupa rumah perusahaan yang berada di wilayah Kota Cirebon, Rabu (29/07).

Aset-aset tersebut terletak di Jalan Ampera Nomor 31A dan 33A Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

Penertiban aset rumah dinas perusahaan itu merupakan salah satu langkah yang dilakukan PT KAI Daop 3 Cirebon untuk mengamankan aset-aset negara agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam penertiban tersebut, petugas mendapat perlawanan dari warga.

Aksi dorong dan pukul tak terhindarkan antara warga dengan petugas Polsuska yang akan melakukan penertiban.

Kericuhan tak berlangsung lama setelah aparat gabungan meredam kedua belah pihak.

(rdh/radarcirebon)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.