Beranda Bisnis KLI Gelar Seminar, Agar Para Peserta Tahu Ini..

KLI Gelar Seminar, Agar Para Peserta Tahu Ini..

199
BERBAGI
Seminar KLI

KOTA TASIK – Bagi para penggemar burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung jenis lovebird.

Saat ini semakin banyak penggemar lovebird, sekaligus menjadi peternak burung pemakan biji-bijian dengan warna warni indah.

Lovebird yang mempunyai bentuk tubuh mungil eksotis serta suara khas yang nyaring, tak heran jika harga jualnya pun bervariasi hingga puluhan juta rupiah. Peluang keuntungannya pun cukup menjanjikan.

Melihat peluang usaha breeding lovebird tersebut, Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) cabang Priangan Timur, untuk kali pertama menggelar seminar dengan tema ‘Kiat Sukses Ternak & Mengenal Mutasi Warna Lovebird’. Bertempat di Saung Gunung Jati, Minggu (8/4/2018).

Seminar KLI ini diikuti oleh puluhan pecinta burung lovebird dari berbagai daerah di Jawa Barat.

KLI Priatim menghadirkan empat narasumber ahli, yakni Junot LB ketua KLI PVJ, Anggoro wakil ketua KLI PJV, Koh Dros breeder senior dan Ahmad Agus juri beauty contest sebagai pemateri.

Ketua KLI Priangan Timur Andri Iskandar mengatakan, saat ini wawasan mengenai cara breeding lovebird yang baik dan benar rmasih belum banyak diketahui breeder atau peternak.

Alhasil, kata dia, banyak peternak yang salah kaprah ketika breeding lovebird hingga akhirnya mengalami kerugian yang tidak sedikit.

“Lovebird itu salah satu jenis burung yang sangat mudah merawatnya, tetapi memang butuh perawatan yang tepat. Melalui seminar ini kami bermaksud memajukan para breeder lovebird di Priatim dengan memberikan ilmu dan pengetahuan baru tentang bagaimana sih cara tepat merawat lovebird,” ujarnya saat diwawancarai radartasikmalaya.com, Minggu (8/4/2018).

Salah seorang narasumber seminar yakni Ko Dros sekaligus senior breeder mengatakan, bahwa dalam breeding lovebird ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Dari mulai pakannya, suhu udara tempat burung tinggal, bagaimana penanganan pengobatan lovebird ketika sakit, dan banyak hal lainnya yang berdampak pada kualitas lovebird.

“Kualitas itu nomor satu. Kalau perawatannya baik dan tepat, maka burung akan punya kualitas tinggi dan harga jualnya akan melambung berkali lipat dari harga biasanya,” ujarnya.

Menurut pria asal Belanda yang sudah menjadi breeder selama 40 tahun ini, peluang breeding lovebird terbilang cukup menjanjikan.

Pasalnya, kata dia, burung jenis lovebird dalam 3 tahun terakhir ini sedang populer dan banyak digandrungi di kalangan para pecinta burung.

Bahkan tidak sedikit yang berani menawarkan harga fantastis untuk seekor lovebird yang berkualitas.

“Apalagi kalau burungnya sudah menang kontes. Dari dia beli ratusan ribu, menang kontes, harga jualnya bisa hingga puluhan juta rupiah,” terangnya. (sal)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.