Klik Website Ini, Bumi 750 Tahun Lalu

330

Sebuah website menunjukkan perubahan bentuk daratan bumi hingga 750 juta tahun lalu. Website ini bernama dinosaurpicture.org, dibuat oleh kurator dari Dinosaur Database, Ian Webster.

Peta akan berbentuk Planet Bumi yang terlihat dari luar angkasa. Akan tersedia pilihan gambaran dataran dari masa sekarang hingga 750 juta tahun lalu.

Dilansir radarcirebon.com (Grup Radar Tasikmalaya) dari You Can Now Search for Addresses Across 750 Million Years of Earth’s History, website ini juga menghadirkan keterangan zaman, saat pengguna mengklik tahun yang diinginkan. Misalnya pengguna mengklik zaman 750 juta tahun lalu, yang merupakan periode Kriogenenium. Nantinya, di bawah website dituliskan hampir seluruh wilayah Bumi pada masa itu tertutup gletser.

Secara keseluruhan akan ada perubahan daratan Bumi pada beberapa periode zaman kuno seperti era Devonian, Jurassic, dan Neocene. Pemilihan tahun ini berada di bagian atas laman website.

Agar tidak membingungkan, gambaran daratan ini ditambahkan batas wilayah negara pada saat ini. Selain itu, juga bisa mencari alamat rumah pada masa tertentu.

Ada pula pilihan untuk penambahan awan yang menumpuk dengan wilayah daratan dan lautan Bumi dan juga untuk merotasi Bumi.

Webster mengaku untuk membangun website ini, dia mengadaptasi dari GPlates, proyek para geologis yang menyediakan software untuk penyelidikan data tektonik.

“Saya kagum geologis mengumpulkan data untuk rumah saya pada 750 juta tahun lalu, jadi saya pikir Anda semua akan menikmatinya juga,” ujar Webster.

Tetapi, Webster tak mau mengklaim petanya sebagai suatu informasi yang benar, ia mengatakan poin perkiraan pada hasil pekerjaannya ini.***

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.