Klinik, Puskesmas dan RSIA di Kota Tasik Ditutup untuk Sterilisasi, Dinkes Jamin Aman Digunakan

1720
0

KOTA TASIK – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, ada 3 fasilitas kesehatan (Faskes) hingga Sabtu (12/09) siang masih ditutup sementara untuk proses sterilisasi.

Ketiga faskes itu ditutup sementara karena tenaga medisnya terkonfirmasi positif Covid-19, pada hari Jumat (12/09). Tiga faskes itu adalah rumah sakit ibu dan anak (RSIA) di Indihiang, klinik di Cibeureum, dan Puskesmas Cihideung.

“Yang terpenting penghentian pelayanan dulu saat ini semata-mata untuk sterilisasi. Dan saya sampaikan masyarakat tak usah panik,” ujar Uus kepada radartasikmalaya.com yang dihubungi melalui ponselnya.

Terang dia, fasilitas itu ditutup sementara untuk proses sterilisasi dan telah dilakukan penyemprotan disinfektan. Tujuannya agar memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Jadi kami pastikan masyarakat aman untuk menggunakan kembali fasilitas kesehatan tersebut. Apakah itu puskesmas, rumah sakit maupun klinik itu memang kebetulan menghentikan sementara saat ini pelayanannya,” terangnya.

Uus menambahkan, jika proses sterilisasi usai, maka ketiga fasilitas kesehatan itu akan kembali dibuka untuk melayani masyarakat.

“Nanti ketika dibuka kembali 3 faskes itu aman dan bisa kembali melayani masyarakat. Pokoknya aman,” tambahnya.

Kemudian, beber Uus, terkait kontak erat dengan tenaga medis perawat gigi yang kemarin positif, masyarakat juga tidak perlu resah.

“Kami suda melakukan tracking terhadap 200 kontaknya. Jadi tak perlu khawatir, datanya sudah ada di kita. Secara bertahap sudah kita lakukan pemeriksaan secara bertahap. Jadi tak perlu khawatir jika ada yang kontak erat tak terdata,” bebernya.

Uus pun menegaskan, masyarakat yang pernah menggunakan faskes itu dalam beberapa hari lalu pun datanya lengkap, tertib dan rapi.

“Maka terpantau oleh kami. Untuk yang rumah sakit ibu dan anak juga aman digunakan kembali. Seluruh data yang kontak erat dan karyawannya sudah kita antisipasi,” tegasnya.

Jadi, jelas dia, pihaknya pun menjamin aman Faskes itu jika nanti kembali dibuka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.