Kodim 0611 Garut Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

36
0
INOVATIF. Danrem 062/Tarumanegara bersama unsur Muspida Garut mencoba alat cuci tangan hasil karya jajaran Kodim 0611 Garut yang diberi nama Mesin Cuci Automatic Touchless. Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, membuat terobosan dengan menciptakan alat pencuci tangan otomatis. Alat pencuci tangan ini dinilai lebih aman mengingat tak ada proses sentuhan langsung oleh pengguna terhadap alat tersebut.

“Alat ini tak akan menjadi perantara penyebaran Covid-19 dari pengguna ke pengguna lainnya. Karena tidak ada proses sentuhan,” ujar Komandan Kodim 0611/Garut Letkol CZI Dr Deni Iskandar, kepada wartawan, Senin (5/10).

Menurut dia, pihaknya mempunyai ide membuat alat pencuci tangan yang lebih efektif dan aman setelah melihat alat cuci tagan di sejumlah tempat di Garut dinilainya kurang aman, karena masih memerlukan sentuhan tangan ketika digunakan.

“Dengan menyentuh alat, otomatis terdapat potensi penyebaran virus karena alat itu kan banyak yang menggunakan. Jadi malah bisa menularkan dari alat itu,” terangnya.

Berangkat dari pemikiran seperti itu, Deni menyebutkan dirinya punya ide untuk membuat alat cuci tangan yang lebih aman dari potensi penularan Covid-19. Pengguna harus terhindar untuk bersentuhan langsung dengan alat tersebut saat memerlukan sabun serta alat pengering.

Deni mengatakan, dalam membuat alat ini pihaknya bekerja sama dengan laboratorium Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, uji coba terhadap alat cuci tangan yang diberi nama Mesin Cuci Automatic Touchless NN-0611 itu pun dilakukan dan hasilnya alat itu dinyatakan layak secara ITE.

Loading...

“Setelah hasil uji coba dinyatakan layak, kami baru berani meluncurkan produk yang kami beri nama Mesin Cuci Automatic Touchless NN-0611 ini. Kebetulan kegiatan peluncurannya kami laksanakan bertepatan dengan HUT ke 75 TNI dan ini sebagai kado istimewa,” ujarnya.

Deni menerangkan, pemberian nama NN 0611 pada mesin cuci tangan itu bukannya tanpa alasan. NN merupakan singkatan dari New Normal sedangkan 0611 adalah angka yang diambil dari Kodim 0611 Garut.

“Alat ini nantinya akan siap diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak lagi,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.