Tetapkan Siaga Satu Pasca Bom Surabaya

Kodim 0611 Garut Sebar Intelijen

322
0
WAWANCARA. Komandan Kodim 0611/Garut Letkol Inf Asyraf Azis memberi pernyataan kepada wartawan Senin (14/5).
Loading...

GARUT KOTA – Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut menetapkan status siaga satu, pasca kerusuhan narapidana teroris di Mako Brimob dan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur.

“Kami tetapkan siaga satu untuk petugas keamanan dalam menjaga wilayahnya, supaya tidak disusupi para pelaku teror,” ujar Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Azis kepada wartawan Senin (14/5).

Dia mengaku telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi aksi teror. Diantaranya menyebar anggota ke seluruh wilayah untuk melakukan deteksi dini terhadap para pelaku terror.

“Kami lebih memperketat pengamanan terhadap kelompok yang memiliki motivasi menyebarkan ancaman kepada masyarakat. Di Garut juga sempat ada terkait pelaku teror ini. Jadi kami antisipasi itu,” paparnya.

Dia mengaku telah menurunkan seluruh anggota intel ke hampir seluruh wilayah di Kabupaten Garut. Termasuk Babinsa.

Loading...

“Ada atau tidaknya (pelaku teror), kami memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah Garut,” tegasnya.

Asyraf mengatakan saat ini situasi di Kabupaten Garut masih terpantau aman. Sebab itu, masyarakat diimbau tetap tenang menyikapi situasi saat ini.

“(Lebih baik) mendoakan Indonesia agar tetap dalam lindungan Allah SWT,” ajaknya.

Terpisah, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menuturkan pihaknya terus melakukan pemantauan dan penjagaan di beberapa objek vital. Seperti Makopolres Garut, Gereja dan objek vital lainnya.

“Kami tengah intensifkan patroli rutin. Baik yang dilakukan oleh Polres Garut atau polsek di seluruh Kabupaten Garut,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengoptimalkan peran intelijen untuk memantau kondisi di masyarakat. Hal ini penting untuk mencegah masuknya pelaku teror ke Kabupaten Garut. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.