Kodim 0612 Kumpulkan Para Pegiat Silat Tasik di Gedung Juang

107
0

KOTA TASIK – Komando Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya mengumpulkan para pegiat silat di wilayah Kota dan Kabupaten Tasik, Sabtu (11/07) siang, di Gedung Djuang.

Tujuannya, dalam rangka silaturahmi dan melestarikan kebudayaan yang ada di Tasikmalaya.

Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Imam Wicaksana mengatakan, silaturahmi antar pegiat silat ini adalah bagian dari program Komunikasi Sosial Komsos (Komsos) Kreatif dengan tema ‘Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adiktif’.

“Sebenarnya ini adalah interes kami sesuai dengan petunjuk dari satuan atas untuk mengembangkan seni dan budaya yang ada di daerah masing-masing,” ujar Dandim kepada wartawan.

“Juga jadi ajang silaturahmi antar perguruan kaitannya dengan kondusifitas daerah agar tak ada kejadian seperti di daerah lain seperti di Jawa Timur antar perguruan berkelahi,” sambungnya.

Dia berharap, event ini bukan jadi yang pertama dan terakhir. “Setelah ini saya harap ada event lanjutan yang mungkin akan kerjasama dengan IPSI bagaimana bentuknya,” harapnya.

Loading...

Sebab, pihaknya ingin mencari bibit-bibit atlet baru di pencak silat. “Selain pencak silat juga ada kesenian budaya lain. Ada segmentasinya,” kata dia.

“Kali ini adalah bela diri dan nanti saya ingin budaya sunda. Mungkin kedepan kami akan buat kegiatan budaya Sunda lainnya,” terangnya.

Inti dari kegiatan Komsos ini, jelas dia, pihaknya ingin mengangkat budaya Sunda ini agar bergelora lagi dan terus dikenal masyarakat.

“Sehingga tidak hilang nilai-nilai filosofinya dan terlupakan karena zaman,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Pembina Padepokan Sukapura Tasikmalaya, Nana Heryana menuturkan, para pegiat silat berterimakasih sekali atas inovasi dan inisiatif pihak Kodim yang mana telah mengumpulkan seniman dan budayawan se-Kota dan Kabupaten Tasik.

“Ini secara otomatis membuat kami merasa terpanggil dan lebih menggiatkan kembali kreativitas dan aktifitas seni budaya khususnya silat,” tuturnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.