Komisi I: Open Bidding Harus Trans­paran

17

SINGAPARNA – Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya minta open bidding yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) harus dilakukan secara transparan, untuk menghasilkan pejabat yang integritas dan berkualitas.

“Sekarang ada tiga jabatan yang akan dilelang seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum. Ketiga jabatan ini harus menghasilkan pejabat-pejabat terbaik dan sesuai dengan latar belakang pendidikannya,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Arif Rachman SE MM kepada Radar, Rabu (22/8).

Maka dari itu, untuk menghasilkan pejabat yang ideal dalam mengisi jabatan tersebut harus dilakukan oleh panitia seleksi (pansel) terbaik.

Arif juga berharap seleksi terbuka ini tidak hanya boleh diikuti para pejabat internal Pemkab Tasikmalaya saja. Tapi, bisa dari PNS luar daerah.

“Jadi ketika ada posisi yang persyaratannya tidak dimiliki oleh pejabat di internal, mungkin pejabat luar daerah memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Lanjut dia, seleksi terbuka jabatan kepala Dinas Kesehatan beberapa tahun lalu harus menjadi gambaran open bidding kali ini. Jangan sampai tidak ada pejabat yang mendaftarkan diri pada posisi tersebut karena tidak memenuhi syarat.

“Jadi untuk jabatan Kadinkes harus benar-benar sesuai dengan aturan tidak boleh mengabaikannya, seperti pendidikannya untuk S1 dan S2 harus lulusan bidang kesehatan,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Ade Sumanang MSi menjelaskan proses seleksi terbuka sudah berjalan sesuai aturan mulai dari pembentukan panitia seleksi dan pengumuman pendaftaran mulai 16-30 Agustus.

“Seleksi terbuka ini sudah mendapatkan izin dari Komisi ASN dan Kemendagri sebelum pengumuman pendaftaran dilakukan,” katanya.

Sedangkan untuk peserta, tambah dia, dipastikan terbuka bagi siapa saja pegawai negeri sipil yang sudah memenuhi syarat dari kota kabupaten di Jawa Barat. “Kita juga buka pengumuman di website BKD se-Jawa Barat,” ungkapnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.