Komisi IV Dorong Status Puskesmas Menjadi BLUD

155
RAPAT KERJA. Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan rapat kerja bersama Dinas Kesehtan beberapa waktu lalu. foto-foto: humas dprd kab. tasikmalaya untuk radartasikmalaya.com

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

KOMISI IV DPRD mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya meningkatkan status 20 puskesmas menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat meningkat.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ami Fahmi ST menjelaskan dalam kegiatan monitoring Komisi IV ke lapangan, melihat kondisi puskesmas yang statusnya belum menjadi BLUD diantaranya Puskesmas Bantarkalong dan Cipatujah.

Sehingga dalam peningkatan pelayanan kesehatan masih belum optimal. “Karena dalam hal pengelolaan keuangan, pengadaan alat kesehatan dan distribusi obatnya masih bergantung ke dinas,” ungkap Ami.

PIMPIN RAPAT. Ketua Komisi IV DPRD Kab. Tasikmalaya Ami Fahmi ST pimpin rapat kerja dengan Dinkes soal status puskesmas menjadi BLUD beberapa waktu lalu.

Adapun monitoring yang dilaksanakan terhadap Puskesmas Rajapolah dan Karangnunggal yang statusnya sudah BLUD terlihat sudah mandiri dan pelayanannya lebih maksimal.

“Kita lihat peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat cukup baik. Karena pengelolaan keuangannya, pengadaan alkes dan pengadaan obat sudah mandiri,” paparnya.

Maka dari itu, Komisi IV mendorong kepada pemerintah daerah dari 40 puskesmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya semuanya diarahkan kepada status BLUD. “Kita mendorong minimal 20 puskesmas menjadi BLUD tahun ini,” jelasnya.

MENYIMAK. Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya menyimak paparan soal a puskesmas menjadi BLUD beberapa waktu lalu.

Komisi IV mengharapkan dari segi pelayanan dasar, pemerintah bisa serius dalam melayani masyarakat. Guna mencapai hal tersebut, salah satu langkahnya dengan merubah status puskesmas menjadi BLUD.

“Supaya tidak ada lagi keterlambatan pelayanan kepada pasien atau kekurangan obat di puskesmas. Ya kita lihat dua tahun ke balakang puskesmas yang sudah BLUD, sudah meningkat pelayanannya lebih dari yang belum BLUD,” paparnya.

(dik/*)

loading...