Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya Ke-386

Komitmen Menyejahterakan Masyarakat

272

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

Setiap momentum peringatan hari jadi harus dijadikan media pengingat agar selalu meningkatkan fungsi pemerintahan secara efektif agar kepemimpinan menjadi amal saleh dan dicatat oleh generasi yang akan datang.

Demikian disampaikan oleh Bupati Tasikmalaya H Uu Ruzhanul Ulum saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-386 yang berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah (Setda), Bojongkoneng, Singaparna, Kamis (26/7).

Upacara dihadiri Wakil Bupati H Ade Sugianto SIP, Ketua DPRD H Ruhimat, sejumlah anggota DPRD, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para camat, dan kepala desa.
Bupati menyebutkan peringatan hari jadi alangkah baiknya bercermin kepada bangsa-bangsa di dunia dan daerah lain yang telah mampu menunjukkan kepribadian bangsa dan daerahnya dengan secara bertahap dapat mewujudkan kesejahteraan.

“Kita dapat mencapai keberhasilan dalam pembangunan apabila semua elemen dan komponen dan elemen masyarakat mampu menunjukkan suatu komitmen untuk terus membangun ke arah yang lebih baik dan dinamis disertai doa kepada Allah SWT agar diberikan bimbingan dan pertolongan-Nya,” kata bupati.

Menurut bupati, waktu bergerak begitu cepat sesuai dengan perkembangan dinamika zaman. Maka, dia mengajak kepada segenap jajaran pemerintah untuk bahu-membahu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat karena aparatur pemerintah adalah lokomotif yang menggerakan sumber daya birokrasi untuk mencapai visi yang menjadi komitmen bersama.

“Langkah yang harus dilakukan adalah dengan terus melakukan share of vision atau penularan visi. Sebelum misi digerakkan maka harus berangkat dari pemahaman visi yang komprehensif. Saya mengibaratkan menjalankan pemerintahan seperti proses medis di mana pemerintahan yang sehat dan kuat harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat di tengah situasi yang sensitif dan tuntutan profesionalisme yang semakin tinggi. Maka kita harus mampu melawan virus yang datang dari dalam dan luar pemerintahan,” ujar dia.

Bupati optimis dengan pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya akan maju jika mampu mengumpulkan semua potensi yang ada untuk menjadi kekuatan. “Potensi yang berada di tengah masyarakat harus dapat dirangkul agar menjadi sebuah kekuatan untuk menyejahterakan masyarakat. Diakui atau tidak, sedikit saja tindakan elite pemerintahan dan elite masyarakat melenceng, maka dengan mudah masyarakat akan segera mencabut mandatnya dari kita dengan jalan damai ataupun dengan kekuatannya,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengucapkan terima kasih kepada para insan media massa baik media cetak, elektronik, online dan media lainnya yang telah berperanserta mengawal penyelengaraan pemerintahan terutama dalam turut serta

menyukseskan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat baru-baru ini. “Saya merasa sangat terbantu oleh para wartawan yang selama ini selalu hadir di tengah-tengah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dengan turut serta menyajikan pemberitaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang inspiratif, edukatif, dan positif bagi kemajuan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Uu memberikan apresiasi kepada ahli waris wartawan yang meninggal dunia dan organisasi wartawan yang telah bermitra dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Usai upacara, peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa DPRD yang digelar di Gedung DPRD.

Pada saat menyampaikan sambutan, Bupati Uu Ruzhanul Ulum mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang belum diselesaikan pada masa kepemimpinannya di Kabupaten Tasikmalaya. “Kita belum menyelesaikan masalah kemiskinan, pembangunan infrastruktur dan nol persen pengangguran serta 100 persen usia belajar di bangku sekolah dan pesantren,” ujar Uu.

Memang semua persoalan tersebut menjadi permasalahan hampir di setiap daerah. Akan tetapi setiap tahunnya akan ada rencana menuju ke arah yang lebih baik. “Misalnya tahun depan kemiskinan lebih sedikit, infrastruktur lebih baik, pengangguran lebih sedikit dan lebih banyak yang bisa menikmati belajar mengajar,” tegasnya.

Uu mengatakan terpilihnya sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat akan menjadi sesuatu yang baik bagi Kabupaten Tasikmalaya dan berjanji akan memberikan perhatian lebih bagi Kabupaten Tasikmalaya. “Dengan kehadiran saya di provinsi akan menambah volume anggaran yang dikucurkan ke Kabupaten Tasikmalaya,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat mengatakan momen hari jadi harus menjadi warisan kekayaan masa lalu dan mampu meningkatkan semangat serta daya juang seluruh lapisan masyarakat dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya menjadi wilayah yang disegani. “Kita harus berusaha keras menjadikan Kabupaten Tasikmalaya sebagai kebanggaan masyarakat, sejalan dengan visi religius/islami, dinamis, dan berdaya saing di bidang agribisnis berbasis pedesaan,” ujar Ruhimat.

Ruhimat mengajak seluruh yang hadir untuk bermuhasabah dan merekonstruksi diri untuk berkarya serta memberikan kontribusi dalam upaya melaksanakan pembangunan yang berkeadilan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. (rls/snd/adv)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.