Komitmen Terapkan PHBS

7

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017, SDN Gunung Koneng Jalan Cilembang Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk memelihara budaya hidup bersih dan sehat di kalangan siswa, guru dan warga sekolah.

Kepala SDN Gunung Koneng Tasikmalaya Hj N Oon SPd menuturkan penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan amanah yang harus terus dipelihara, jangan sampai sebatas seremonial tapi harus dengan implementasi yang konsisten. Salah satu caranya dengan melakukan pemeliharaan lingkungan sekolah, termasuk pembiasaan hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk semua warga sekolah.

“Dampak dari penghargaan adiwiyata ini adalah perubahan sikap warga sekolah, ada rasa tanggung jawab untuk merawat lingkungan, menata lingkungan, membenahi kelas dan tertanamnya PHBS,” terang Oon Kamis (1/11).

Dengan terpeliharanya lingkungan, tutur Oon, maka lingkungan sekolah menjadi indah, bersih dan nyaman untuk mendukung pembelajaran. Hal ini tentu berdampak pada prestasi siswa dan lembaga. “Jadi kami terus ingatkan semua warga sekolah, walaupun tidak sedang menghadapi lomba, pemeliharaan lingkungan harus tetap berjalan. Bukan untuk lomba tapi kebutuhan kita bersama,” ujarnya.

Sebagai pemacu semangat, sambungnya, setiap tiga bulan sekali dilaksanakan penilaian kelas, sehingga guru dan siswa bisa terus diingatkan untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, Oon juga mewajibkan semua siswa untuk membawa wadah makanan dan minuman untuk jajan, hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik ataupun kertas di lingkungan sekolah.

“Selain mengurangi sampah, hal ini sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Kalau sampah berkurang maka hidup juga lebih sehat karena lingkungan yang bersih,” tutur Oon. Dia berharap dengan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih maka siswa lebih nyaman saat belajar dan mendorong prestasi mereka.

“Tahun ini kita pun tengah berfokus pada peningkatan pembinaan akademik. Sebab setiap tahun kita dapat prestasi dari bidang non akademik, tahun ini kita juga ingin menonjol dalam bidang akademik,” ungkapnya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.