Kompak Ciptakan Kondusivitas

15
0
KOMPAK. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama tokoh masyarakat dan ulama deklarasi menolak segala bentuk kekerasan, Rabu (12/6). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama tokoh masyarakat dan ulama mendeklarasikan diri menolak kekerasan dan kerusuhan di Kabupaten Tasikmalaya dalam bentuk apa pun. Hal itu terungkap saat halal bihalal di Pendopo Baru Singaparna, Rabu (12/6).

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP menyatakan deklarasi damai ini berisi tentang penolakan terhadap segala bentuk kekerasan dan kerusuhan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “Kita sebagai warga negara sadar hukum dan mencintai kedamaian sepatutnya terus bersyukur dengan telah terselenggaranya Pileg dan Pilpres 2019 yang damai, aman dan kondusif di Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Menurut Ade, negara telah membebaskan perbedaan dalam memilih dan faktanya, perbedaan tersebut telah dimaknai bijak oleh masyarakat untuk tetap bersatu menjaga ukhuwah.

Dibalik kesadaran untuk menerima perbedaan, kata dia, ada oknum yang justru menjadikan perbedaan sebagai alat memecah belah bangsa yang diwarnai dengan aksi kerusuhan maupun kekerasan. “Mereka tidak rela ada persatuan dan kesatuan. Hari ini kita menegaskan menolak segala bentuk kekerasan dan kerusuhan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Kita bertekad tetap menjunjung tinggi dan menjalankan etika hukum di Kabupaten Tasikmalaya,” paparnya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK menambahkan deklarasi ini dapat disaksikan bahwa seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya menolak segala bentuk aktivitas yang memunculkan kerusuhan dalam menyikapi Pileg dan Pilpres 2019.

“Semua dipastikan menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) apapun hasilnya. Dan sejauh ini berkat dukungan dan komitmen bersama, maka Kabupaten Tasikmalaya masih pada situasi dan kondisi yang aman dan nyaman, terhindar dari segala bentuk ancaman serta gejolak,” terangnya.

Loading...

Dony mengapresiasi bupati Tasikmalaya yang telah mencanangkan kegiatan yang berkaitan dengan penguatan pemahaman-pemahaman di masyarakat, tentang arti NKRI dan pengamalan Pancasila. “Bupati sudah merencanakan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada penguatan pemahaman tentang kedua hal tersebut. Ini harus kita apresiasi dan kita dukung sebagai salah satu upaya pemerintah menjaga keutuhan bangsa dan menjaga keamanan dan kedamaian,” pungkasnya.(dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.