Kompak Siapkan Tim Cyber

192
0
RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA KOORDINASI. Kapolresta Tasikmalaya AKBP Adi Nugraha dan Ketua Panwaslu Rino Sundawa berdiskusi tentang tim cyber, Kamis (4/1).

CIPEDES – Menghadapi Pilgub Jabar 2018, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) dan Polres Tasikmalaya Kota sepakat membentuk tim cyber dalam memantau aktivitas masyarakat di media sosial. Mengingat masih tingginya penyalahgunaan media sosial (medsos) dan menjadi ancaman bagi kelancaran pilgub.
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Adi Nugraha menyebutkan dari berbagai kerawanan di pilgub, media sosial menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Pasalnya di dunia maya rentan muncul hoax yang berpotensi mengganggu kondusifitas, bahkan tidak menutup kemungkinan digunakan alat untuk menyerang lawan politik. “Permasalahan yang mungkin terjadi masih seputar hoax dan hal-hal lain yang mengganggu jalannya pemilu,” ungkapnya usai koordinasi di Kantor Panwaslu Komplek Perumahan BRP Cipedes, Kamis (4/1).
Untuk mengantisipasinya, jajaran Polresta menyiapkan tim khusus yang ditugaskan memantau medsos. Ketika ada user yang menyebarkan berita hoax, maka kepolisian akan melakukan tindakan sebagaimana aturan yang berlaku. “Jadi ada patroli tim cyber untuk memantau tindak pidana (umum, Red) atau pelanggaran pemilu,” tuturnya.
Kata Adi, Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) akan diberlakukan jika ada temuan yang berkaitan dengan penyalahgunaan media sosial seperti kampanye hitam dan lainnya. Tetapi, setiap temuan akan dikoordinasikan dengan badan Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang meliputi kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslu untuk penindakan pelanggaran pemilu. “Selain itu informasi-informasi dari internet yang tidak benar (hoax) akan kita counter, klarifikasi,” tuturnya.
Ketua Panwaslu Kota Tasikmalaya Rino Sundawa Putra mengakui potensi penyalahgunaan media sosial di masa pemilu, pihaknya juga akan menyiapkan petugas untuk memonitor aktivitas masyarakat di media sosial khususnya di masa kampanye. “Kami juga akan berupaya memonitor dunia maya dalam pengawasan yang kami lakukan,” terangnya. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.