Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

4 Orang Komplotan Curanmor Garut Terungkap di Medsos

111
0
TUNJUKKAN. Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah menunjukkan sepeda motor hasil curian komplotan curanmor dalam ekspose Kamis (10/10).

GARUT– Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut berhasil mengamankan empat terduga komplotan pencurian sepeda motor (curanmor). Mereka biasa beroperasi di wilayah Garut.

Komplotan curanmor itu berinisial HD, DN, IR dan ID. Jaringan mereka terungkap, setelah kepolisian melakukan patroli cyber di media sosial (medsos). Dalam pemantauan itu polisi melihat ada salah satu pelaku mem-posting sepeda motor curian di Facebook untuk dijual.

“Dari posting-an itu, tim Reskrim mendalaminya dan berhasil mengungkap komplotan curanmor ini,” ujar Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah di Mapolres Garut, Kamis (10/10).

Menurut dia, pihaknya mencurigai sepeda motor yang di-posting di Facebook tersebut mirip dengan sepeda motor milik salah satu korban pencurian. Sebelumnya, pemilik motor Muhammad Aji Juliantana melapor ke Polsek Tarogong Kidul bahwa kendaraan miliknya hilang.

Dari kecurigaan itu, kata dia, pihaknya langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka ID, yang mem-posting motor tersebut. “Pelaku pertama kami amankan ini merupakan penadah motor curian,” kata Kapolres.

Dede menerangkan, dari penangkapan ID ini, pihaknya kemudian melakukan pengungkapan terhadap tersangka dan kasus lainnya. Anggota kemudian akhirnya berhasil menangkap tiga orang tersangka lainnya, yaitu HD (pemetik), DN (joki) dan IR (penjual motor hasil curian kepada ID).

“Kita juga menemukan tiga kendaraan bermotor roda dua lainnya yang merupakan hasil aksi pencurian di luar Garut, yaitu di wilayah Bandung,” kata dia.

Para tersangka, kata Kapolres, dijerat pasal 363, 480 dan 481 KUHP. “Ancaman hukumannya lebih dari 5 tahun,” kata dia.

Dengan adanya kasus ini, Kapolres mengimbau kepada warga agar waspada dengan adanya aktivitas jual beli kendaraan bermotor di media sosial. Menurutnya, kendaraan yang dijual tersebut bisa saja merupakan hasil pencurian.

“Memang tidak semua, tetapi harus dipastikan surat-surat kendaraan dan nomor rangka dan mesin kendaraannya sesuai atau tidak dengan yang ada di surat-surat. Kalau ada yang menemukan ada yang menjualn kendaraan namun mencurigakan, langsung saja laporkan kepada kita,” ujarnya memaparkan. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.