Komplotan Pencuri Baterai Tower Diringkus

71

KARANGPAWITAN – Unit Reskrim Polsek Karangpawitan meringkus lima orang komplotan pencuri baterai tower BTS selular. Kelima pelaku bernisial YD (35), Her (24), Aj (25), Riz (16) dan Rob (17) ini diringkus saat beraksi di Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan Rabu malam (13/2).

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita empat baterai kering XL merek Leoch diperkirakan bernilai Rp 15 juta, kemudian empat baterai kering merek Shoto juga diperkirakan bernilai Rp 15 juta.

Kapolsek Karangpawitan Kompol Oon Suhendar mengatakan penangkapan lima warga Desa Pasanggrahan Kecamatan Cilawu itu bermula ketika anggota melakukan patroli malam. Saat itu, anggotanya melihat mobil mencurigakan parkir di dekat SPBU di Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan. “Karena mencurigakan, anggota memeriksa mobil dan kedapatan ada satu orang di dalamnya,” ujarnya saat dihubungi Rakyat Garut, Minggu (17/2).

Karena mencurigakan, anggota kemudian memeriksa satu orang di dalam mobil berinisial Her (24). Saat diperiksa awalnya orang tersebut mengelak, tetapi setelah didesak akhirnya mengakui bahwa sedang menunggu temannya yang sedang mengambil baterai tower.

Mendapat pengakuan tersebut, pihaknya segera menyergap komplotan pencuri yang sedang beroperasi tidak jauh dari lokasi SPBU. “Kami sergap ketika mereka mencuri, tetapi hanya dua orang yang berhasil diamankan karena yang dua berhasil kabur,” terangnya.

Meski kabur, pihaknya segera mengejar kedua pelaku. “Kami tangkap kedua pelaku itu di rumahnya masing-masing sehari setelah kejadian,” terangnya.

Oon menerangkan dari hasil pemeriksaan, komplotan pencuri baterai tower BTS sudah beraksi dari tahun 2018 dan sudah beroperasi di beberapa wilayah, seperti Garut Kota dua kali, Tarogong Kaler dua kali, Kadungora satu kali dan Bayongbong tiga kali. “Saat ini pelaku sudah ditahan dan terus dikembangkan, siapa tahu masih ada pihak yang terlibat,” terangnya.

Dia menerangkan kelima pelaku ini dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman lebih dari lina tahun penjara. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.