Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Unit Reskrim Polsek Kadungora

25
0
JELASKAN. Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah menjelaskan kasus pencurian mobil rental kepada wartawan kemarin. yana taryana / radar tasikmalaya

KADUNGORA – Unit Reskrim Polsek Kadungora menangkap dua dari tiga tersangka pencurian mobil rental. Mereka diringkus di wilayah hukum Polsek Kadungora pada 12 Agustus lalu.

Kedua tersangka berinisial AH (26) dan YD (38). Mereka diringkus di tempat berbeda. Sementara satu tersangka lain berinisial RZ (30) saat ini masih dalam pengejaran kepolisian.

Selain menangkap pelaku, polisi juga berhasil mengamankan satu unit mobil Daihatsu Xenia. Kendaraan itu dicuri komplotan AH.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah menjelaskan komplotan itu mencuri kendaraan dengan modus merental terlebih dahulu. Kemudian mereka menduplikasikan kunci mobil tersebut.

“Jadi komplotan ini dalam aksinya sudah direncanakan. Itu terlihat dari penggandaan kunci mobil yang akan dicurinya,” kata Kapolres kepada wartawan di Mapolres Garut, Jumat (11/10).

Tersangka RZ, kata Kapolres, yang saat ini buron, merental mobil Daihatsu Xenia nopol Z 1318 GY milik Zainudin (47), warga Kecamatan Kadungora. Dia menyewa mobil itu satu hari. “Saat itu mobil dikembalikan oleh pelaku, tetapi kuncinya sudah digandakan,” terangnya.

Setelah memiliki kunci ganda, kata dia, pelaku ini kemudian menyuruh tersangka AH dan YD untuk mencuri mobil tersebut di rumah korban. “Aksi pencurian pelaku ini dilakukan sehari setelah mobil itu dirental,” katanya.

Berbekal kunci ganda itu, lanjut dia, kedua pelaku berhasil menggondol mobil korban yang kala itu diparkir di halaman rumahnya. Setelah itu mobil dibawa kabur para tersangka ke wilayah Bandung untuk dijual.

Dede menerangkan, aksi pencurian ini bisa terungkap setelah korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Kadungora. Berbekal data orang yang sebelumnya merental, akhirnya berhasil mengungkap kedua pelaku ini.

“Butuh waktu satu bulan lebih akhirnya kami berhasil menangkap dan mengamankan mobil yang dicuri itu,” kata dia.

Kedua tersangka, kata Kapolres, saat ini sudah ditahan di ruang tahanan Mapolres Garut. Mereka dijerat pasal 363 ayat 1 ke 4 dan 5. Ancaman hukumannya lebih dari lima tahun penjara.

“Untuk yang DPO kita saat ini masih kejar. Identitas dan alamatnya sudah kami kantongi. Saat ini pelaku diduga tinggal pindah-pindah karena sudah mengetahui dikejar polisi,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.