Komplotan Spesialis ATM Asal Lampung Tertangkap di Ciamis, 21 Kali Beraksi di Tujuh Lokasi

96
0
DISITA. Polres Ciamis menunjukkan sejumalh barang bukti yang disita dari komplotan pembobol ATM.

Komplotan spesialis ATM asal Lampung ini telah 21 kali membobol ATM. Mulai Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis Kota, Panawangan dan sejumlah daerah di Jawa Barat. Itu dilakukan dalam waktu tiga bulan. Sementara dalam waktu satu minggu beraksi, mereka bisa mencuri sampai Rp 38 juta.

“Mereka melakukan aksinya di lokasi ATM yang sepi, dilakukan siang hari hingga malam hari dengan peran dua di dalam ATM. Satu di mobil, sisanya sebagai pengawas di luar ATM,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SIK.

Adapun alat yang dipakai saat beraksi yaitu obeng gepeng dan kawat yang dimodifikasi dan satu buah ATM untuk pemancing menarik uang.

Satu kali pembobolan di satu ATM, mereka bisa membawa kabur uang Rp 1 juta, Rp 1,5 juta hingga Rp 4,5 juta. “Pihak bank kurang lebih kerugiannya mencapai Rp 38 juta. Sementara kita berhasil mengamankan Rp 4 juta. Sisa dipakai foya-foya pelaku selama beroperasi,” kata Bismo.

Komplotan pembobol ATM itu ”belajar” melakukan pembobolan berdasarkan coba-coba dan pengalaman. Terlebih ada pelaku yang berpengalaman yaitu RO (38). Dia residivis pencurian.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto SIK menjelaskan saat ini jajarannya fokus memburu tiga tersangka yang masih buron. Diduga tiga buronan itu yang memang mengajari enam tersangka dalam membobol ATM tersebut.

Komplotan pembobol ATM itu, kata Hendra, sudah menjalankan aksinya selama tiga bulan. Mereka berkeliling melakukan pembobolan. Bahkan, ATM bank yang sama di Ciamis sudah mereka bobol berulang kali. Jadi setelah mereka bobol, ATM tersebut error. Rusak. Lalu diperbaiki pihak bank. Kemudian mereka kembali membobol lagi.

“Masing-masing pelaku dapat jatah antara Rp 6 jutaan. Digunakan untuk foya-foya, belanja baju dan sebagainya kehidupan selama pembobolan,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.