Komunitas Sedekah Berbagi Makan Gratis di Lapas Tasikmalaya

464
0

KOTA TASIKKomunitas Jumat Sedekah Nasi berbagi 400 paket makan gratis untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tasikmalaya, Jumat (27/4/2018).

Kegiatan sekaligus rangkaian acara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke 54.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tasik Eris Ramdani mengatakan, Hari Bhakti Kemasyarakatan merupakan momentum peringatan pergantian sistem lapas dari sistem kepenjaraan berpindah menjadi sistem reintegrasi yang lebih terbuka dan manusiawi.

“Hari bakti kita peringati dengan berbagai kegiatan. Untuk tahun ini kebetulan ada komunitas Jumat Sedekah Nasi yang ingin berbagi dengan warga binaan. Jadi kita rangkaikan dengan perayaan hari Bhakti,” papar Eris saat ditemui di Lapas Kelas II B Tasikmalaya.

Selain mengadakan kegiatan makan gratis, kata Eris, perayaan hari Bhakti juga dimeriahkan dengan kegiatan nonton film KH Z Mustofa, bersama seluruh warga binaan Lapas Tasikmalaya dan pegawai Lapas.

“Alhamdulillah seluruh penghuni lapas termasuk para pegawai sangat antusias dengan kegiatan ini. Saya harap bahkan bisa menjadi kegiatan rutin, karena memang warga binaan membutuhkan banyak perhatian dan butuh diakui,” harap Eris.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Komunitas Sedekah Nasi Tasikmalaya Wildan Fatimatul Zaharah mengatakan, pihaknya baru pertama kali melakukan kegiatan berbagi nasi di Lapas.

Kegiatan tersebut, kata dia, menjadi salah satu bentuk perhatian komunitas terhadap para narapidana, mengingat masih tingginya stigma negatif masyarakat terhadap mereka.

“Biasanya setiap hari Jumat kami berbagi nasi di pemukiman warga untuk fakir miskin. Alhamdulillah kali ini kami berkesempatan berbagi bersama penghuni lapas, sebagai bentuk kecil kepedulian kami terhadap mereka. Setidaknya berbagi sedikit kebahagiaan,” papar Wildan.

Salah satu warga binaan lapas, Nana Suryana (33) mengaku sangat senang dengan kunjungan komunitas Jumat Sedekah Nasi.

“Ya kalau biasanya makan ala kadarnya sekarang jadi lebih bervariasi. Para napi kuga semua sangat senang Alhamdulillah,” ujar Nana.

Ke depan, Nana mengharapkan lebih banyak lagi komunitas yang peduli terhadap para penghuni lapas untuk memberikan motivasi maupun sekedar berbagi rezeki bersama mereka.

“Kami juga mengharapkan ada orang-orang sukses di Tasik datang ke sini, berbagi motivasi untuk para napi,”harapnya.

(salsabila ainurrohman/rto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.