Kondisi Ciamis Selatan Membaik, Penanganan Banjir Dihentikan

93
0
ISTIMEWA UPACARA. Tim gabungan penanganan dan evakuasi banjir di Ciamis Selatan dibubarkan karena kondisi Kecamatan Banjaranyar dan Banjarsari sudah mulai pulih, Senin (2/11).

CIAMIS – Sudah hampir sepekan lebih proses penanganan serta evakuasi banjir di Kecamatan Banjaranyar dan Banjarsari, Ciamis Selatan berlalu. Pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing dan kondisi lingkungan mulai pulih serta aktivitas normal.

Maka dari itu, petugas gabungan penanganan banjir menarik pasukan dan proses sudah resmi dihentikan.

Karena semuanya sudah kembali normal seperti biasa. Hal itu diungkapkan Ketua Taruna Siaga  Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya bahwa penanganan banjir telah dihentikan.

Mengingat sudah hampir tujuh hari serta semua pengungsi telah kembali dan mulai menjalani kesehariannya. Kemudian untuk akses jalan telah bisa dilalui lagi dan fasilitas lainnya pun sudah kembali normal.

“Kami telah menutup dapur umum sejak Senin (2/11) pagi, sehingga tidak lagi masak nasi bungkus untuk dibagikan kepada warga,” ujarnya kepada Radar, Senin (2/11).

Baca juga : Formasi Medis untuk CPNS di Ciamis Kurang Peminat

Kemudian, kata Ade, mengenai sembako yang sudah terkumpul dari donatur, mentahnya atau yang belum sempat dimasak sudah langsung dibagikan ke desa-desa di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlok) BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat mengatakan, semua relawan yang telibat baik dari BPBD, Tagana, Rapi, Pramuka, TNI, Polri, PMI dan yang lainnya sudah ditarik dari tugas penanganan banjir di Ciamis Selatan.

“Sudah tidak ada lagi yang terdampak belum ditangani. Kemudian situasi aman serta air juga telah surut, serta cuaca sekarang relatif normal beberapa hari ini,” ujarnya.

“Namun, tetap meski telah selesai, kewaspadaan kami tetap ditingkatkan terus, kalau sipatnya darurat kami pun akan terjun kapan saja selama 24 jam ke lokasi bencana, termasuk Ciamis Selatan,” katanya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.