Dulu Kumuh, Kini Menarik Perhatian Warga

Kondisi Gang Warna di Kampung Kaum Lebak, Garut Kota

297
0
BIKIN BETAH. Salah seorang warga RW 8 Kampung Kaum Lebak Keluharan Paminggir Kecamatan Garut Kota mengecat dinding gang menjadi warna-warni Selasa (17/4).

Sudah sekitar seminggu ini warga RW 08 bahu membahu mengecat rumahnya dengan cat warna-warni. Ada yang menyerupai gambar lukisan, ada pula yang bergambar karikatur.

Gang ini awalnya terkesan kumuh karena dipenuhi coretan tangan jahil. Kini, setelah ditata oleh warga, kesan kumuh itu hilang.

Kini warga yang tinggal di RW 8 Kaum Lebak lebih sumringah karena pintu masuk ke kampung mereka menjadi cerah dan warna-warni.

Ketua RW 8 Endang Kurnia mengatakan pengecatan rumah sepanjang gang degan cat warna-warni terinspirasi dari pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat saat mengunjungi Kecamatan Garut Kota.

Dalam pertemuan itu dia menggagas rencana untuk mengecat gang supaya lebih menarik.

Bak gayung bersambut, rencana tersebut ternyata disambut antusias warga. Mereka menyatakan siap jika rumahnya dicat warna-warni. Dana pengecatan dikumpulkan dari masyarakat sekitar.

“Banyak yang menyumbang. Ada yang menyumbang uang, barang dan tenaga untuk mengecatnya. Ada juga yang mengecat rumahnya sendiri, sesuai dengan desain sendiri,” terangnya.

Selama hampir sepekan, kata dia, pihaknya sudah menghabiskan 100 kilogram cat untuk membuat gang sepanjang 300 meter itu menjadi warna-warni.

Endang menyebutkan pengecatan itu bukan dalam rangka untuk menjuarai atau mendapatkan lomba apapun, karena hal tersebut hanya untuk sekadar keindahan saja.

“Warga kami jauh dari pikiran untuk lomba,” katanya.

Agus Juhendi warga sekitar mengaku gembira dan bangga dengan karya yang dibuat warga bersama-sama. Gang yang dulunya kumuh, sekarang menjadi lebih bagus. Lain dari yang lain.

“Jadi betah kalau nongkrong di gang,” tuturnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.