Kondisi Pasar Cikurubuk Kota Tasik Amburadul

289
0
HARUS DIBENAHI. Kondisi Pasar Cirkurubuk saat ini dianggap kurang nyaman oleh UPTD Pasar Resik Kamis (13/2). Rangga Jatnika/ Radar Tasikmalaya

MANGKUBUMI – Tata kelola pasar tradisional yang masih semrawut, menjadi pekerjaan rumah UPTD Pasar Resik untuk menciptakan kawasan aman dan nyaman.

Hal itu diakui Kepala UPTD Pasar Resik I Udin SIP yang mengakui bahwa tata kelola Pasar Cikurubuk masih harus dibenahi. Selain kebersihan, keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) pun belum bisa dibenahi. “Kita upayakan perlahan,” ungkapnya, Kamis (13/2).

Baca juga : Kepala Nenek Putus Diseruduk Kereta Api di Rajapolah Tasikmalaya

H Udin berharap momentum revitalisasi blok A1 itu bisa menjadi langkah baru pemerintah. Karena otomatis selain baru, blok tersebut akan memiliki fasilitas-fasilitas tambahan. “Itu akan sangat membantu untuk pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Label SNI, kata Udin, memang tidak serta-merta menjadikan kondisi pasar lebih baik. Karena perlu pengelolaan maksimal yang didukung anggaran sesuai dan SDM memadai. “Sekarang anggaran masih minim,” tuturnya.

Namun apapun kendala yang dihadapi, UPTD berkomitmen menciptakan pasar yang nyaman. Sehingga para pengunjung dan pedagang bisa betah dalam melakukan aktivitas jual beli. “Kalau upaya pasti kita lakukan sebisanya,” kata dia..

Pantauan Radar, PKL-PKL memang masih menjadi pemandangan mencolok ketika masuk ke wilayah Pasar Cikurubuk. Di samping itu, terlihat juga adanya perbaikan palang besi penutup saluran air yang beberapa waktu lalu sempat rusak.

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Isep Rislia menyebutkan bahwa manajemen pengelolaan menjadi kunci terciptanya pasar tradisional yang nyaman.

Baca juga : Siswi SD Manonjaya Tasik Tenggelam di Sungai Cikembang saat Jam Olahraga

“Jangan sampai fasilitas tidak terawat dan kurang bermanfaat,” ungkapnya.

Di samping menjadikan pasar dengan label SNI bisa terasa manfaatnya. “Itu upaya pemerintah harus gayung bersambut dengan kesadaran pedagang untuk ikut memelihara kebersihan di sekitar kiosnya,” terangnya.(rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.