KONI Belum Terima DED Venue Akuatik

21
0
Abdusy Syakur Amin Ketua KONI Garut Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut mengaku belum menerima detail engineering design (DED) untuk pembangunan venue akuatik. Hal tersebut dikatakan Ketua KONI Garut Abdusy Syakur Amin.

“Sampai sekarang belum menerima hasil revisi DED yang sebelumnya sempat diekspose Pemkab Garut melalui Dinas PUPR,” ujar Abdusy Syakur Amin kepada wartawan di kantornya kemarin.

Menurut dia, Pemkab Garut memang memiliki komitmen untuk membangun venue akuatik. Hal itu terlihat dari kesiapan pemerintah yang menganggarkan Rp 25 miliar untuk pembangunan venue.

Namun kesiapan itu sampai saat ini belum ada kepastian. Akan seperti apa venue akuatik dibangun dan berapa serta darimana sumber anggarannya. “Setahu saya anggaran dari provinsi belum pasti, Garut juga belum pasti karena Garut nunggu provinsi,” katanya.

Dia menerangkan dalam pembangunan venue, KONI tidak bicara besaran anggaran. Pihaknya hanya ingin venue akuatik yang representatif dengan memenuhi kaidah fungsi maupun seni bisa terealisasi. “Pembangunan venue akuatik merupakan harga diri masyarakat Garut. Jadi harus benar-benar sesuai standar nasional,” ujarnya.

Syakur sudah melakukan pertemuan dengan Dinas PUPR. Dari hasil pertemuan, pihaknya bersama PUPR sudah sejalan agar bisa memenuhi harapan semua pihak. “Ini sudah mengerucut kepada suatu design yang bisa memenuhi harapan semua stakeholder, cuma design belum tergambarkan, termasuk biayanya. Kalau biayanya belum jelas terus nyarinya darimana sama siapa.

“Kalau misalnya kepepet tahun 2020 yang berdampak pada tidak baik dan tidak memenuhi kaidah tadi, maka untuk tambahan aksesori bisa disimpan, tetapi yang utama (untuk memenuhi fasilitas utama untuk Porda Jabar 2022, Red) diprioritaskan untuk dibangun berdasarkan standar internasional,” katanya. Jika tahun 2020 selesai, Garut akan diuntungkan dengan adanya persiapan yang lebih matang dalam pembibitan atlet. (yna/son)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.