KONI Targetkan 20 Emas

221
0

DADAHA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tasikmalaya menargetkan perolehan 20 medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018 yang bakal diselenggarakan di Kabupaten Bogor, September mendatang.

Target tersebut dinilai realistis berkaca pada raihan kontingen pada perhelatan serupa sebelumnya.

Ketua II Bidang Prestasi KONI Kota Tasikmalaya Eri Juhaeri mengatakan Kota Tasikmalaya ditargetkan menembus peringkat 10 besar dalam tangga klasemen akhir Porda 2018. Target tersebut berada tiga strip di atas raihan pada Porda 2014 lalu.

”Target kita masuk 10 besar, karena sejak dari Porda 2014 juga kita belum tercapai target itu. Kita saat itu baru bisa ada di posisi 13. Jadi naik tiga peringkat,” kata Eri kepada Radar ditempat kerjanya, Rabu (25/4) siang.

Untuk mencapai posisi yang ditargetkan, Eri menambahkan kontingen Kota Tasikmalaya setidaknya harus sanggup menggondol minimal 20 keping medali emas. Jumlah emas yang ditargetkan berdasarkan hasil hitungan dan analisis matematis yang dilakukan KONI.

“Bagi kami target ini jadi semacam motivasi dan doa supaya nanti atlet kita terdorong bisa mencapai prestasi yang lebih bagus,” jelasnya.

Beberapa cabang olahraga (cabor) unggulan yang diprediksi bakal menjadi penyumbang emas. Antara lain angkat berat, pacuan kuda, renang, senam, dan petanque. Cabor-cabor tersebut merupakan penyumbang medali dalam Porda yang lalu.

Pihaknya mengirimkan 165 atlet yang mengikuti 27 cabor. Atlet-atlet yang dikirim merupakan hasil seleksi panjang yang telah dilaksanakan masing-masing pengurus cabang olahraga sejak Agustus 2017 lalu.

“Jadi atlet-atlet yang kita kirimkan ini merupakan pilihan yang terbaik, hasil dari seleksi, validasi, dan kualifikasi masing-masing cabor yang bakal dipertandingkan di porda nanti,” ujar dia.

Saat ini, setiap atlet yang mewakili Kota Tasikmalaya telah digembleng untuk mempersiapkan kondisi fisik di medan laga melawan kontingen-kontingen perwakilan daerah lain.

Persiapan fisik telah dilakukan sejak awal tahun. “Kami juga mendukung dengan cara memberikan peralatan baru kepada atlet, supaya nanti pas bertanding peralatan mereka sesuai standar dan mereka di porda nanti bisa bertanding dengan nyaman. Sehingga tidak ada alasan lagi kalau gagal karena alasan peralatan,” kata dia. (mg2)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.