Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.3%

20.4%

8.1%

67.1%

Kontribusi Kopontren Idrisiyyah Memajukan Ekonomi Masyarakat

179
0
launching. Ketua Koperasi Pesantren Idrisiyyah Ahmad Tazakka Bonanza atau AKA (empat dari kiri) saat me-launching Produk Sayur Masak Qini Kopontren Idrisiyyah beberapa waktu lalu.

TASIK – Koperasi Pesantren (Kopontren) Idrisiyyah terus berorientasi untuk kemandirian ekonomi pesantren dan kesejahteraan umat.

Ketua Koperasi Pesantren Idrisiyyah Ahmad Tazakka Bonanza (AKA) menyatakan, Kopontren Idrisiyyah berdiri sejak 1983, namun sejak 2012 melakukan gebrakan dan pembaharuan manajemen.

Baca juga : Bedah Rumah Duafa Ponpes Idrisiyyah Tasik, Wujud Kepedulian Bersama

“Di dalamnya itu diisi oleh generasi muda dalam hal ini saya sebagai pengurus dan pimpinan koperasi. Alhamdulillah saat ini menjadi Kopontren yang maju dan sukses,” kata AKA Senin (13/7/2020).


UNGGULAN. Menunjukkan produk Tasikmalaya saat Halal Expo 2019 Turki. foto-foto: istimewa for radar tasikmalaya

Selama ini, unit koperasi ini mampu mengembangkan lebih dari 40 unit usaha. Unit-unit usaha tersebut sampai saat ini berjalan dengan baik. Di dalamnya, terkonsentrasi empat sektor utama yakni perdagangan dengan unit minimarket; keuangan dengan BMT; kelautan dengan tambak udang vaname dan sektor UKM seperti kuliner, perkebunan dan peternakan. “Itu saat ini terus kami kembangkan,” ungkap AKA.

MEMBANGGAKAN. Ketua Koperasi Pesantren Idrisiyyah Ahmad Tazakka Bonanza (AKA) saat menerima penghargaan tokoh koperasi nasional pada 2018.

Bahkan sampai saat ini Kopontren Idrisiyyah mempunyai anggota lebih dari 18.000. Mereka dari berbagai elemen. Mulai jemaah dan masyarakat di luar pondok pesantren.

“Untuk omzetnya sendiri saat ini mencapai miliaran,” kata penerima Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dari Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah 2018 ini.

KE EROPA. Mengikuti Halal Expo 2019 Turki.

Untuk anggota koperasi, yang jumlahnya mencapai 18.000, kata AKA, bergerak di bidang perdagangan, pertanian, perkebunan dan peternakan termasuk kuliner.

“Kalau usaha anggota beragam. Dimulai dari perdagangan dan pertanian,” ungkap dia.

AKA menjelaskan, saat ini Kopontren Idrisiyyah akan terus mengembangkan berbagai usaha. Itu demi bisa berkontribusi lebih besar terhadap perkembangan dan kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya.

PERWAKILAN JABAR. Koperasi Pesantren Idrisiyyah menjadi perwakilan Jawa Barat dalam Halal Expo 2019 Turki bersama Kopontren Daarut Tauhiid, Kopontren Ittifaq, Kopontren Husnul Khotimah dan Kopontren Nurul Iman.

“Masyarakat di daerah ini harus lebih maju dan berkembang dengan memberdayakan potensi daerahnya masing-masing,” jelas tokoh muda ini.

Sampai saat ini Kopontren Idrisiyyah memiliki cabang-cabang. Diantaranya di daerah Tasikmalaya, seperti di Salopa, bahkan Jakarta.

Ia menargetkan Kopontren Idrisiyyah memiliki cabang di Bandung dan beberapa daerah di Jawa Barat.

“Sebagai salah satu koperasi pondok pesantren kita berorientasi untuk kemandirian ekonomi pesantren dan kesejahteraan umat, khususnya generasi muda,” ujar AKA.

DELEGASI LUAR NEGERI. Kunjungan Kepala Dinas Koperasi Jawa Barat bersama delegasi luar negeri.

Kopontren Idrisiyyah juga memiliki target memberikan peluang usaha kepada generasi milenial di setiap daerah, termasuk Kabupaten Tasikmalaya.

“Kabupaten (Tasikmalaya) ini memiliki banyak potensi alam yang bila dikembangkan akan menjadi sebuah produk ekonomis tinggi, itu akan kita maksimalkan potensinya,” kata dia.

Selama ini, Kopontren Idrisiyyah selain bergerak dalam program bisnis dan peningkatan ekonomi juga terus bergerak untuk pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial.

“Jadi kita tidak selalu tentang untung rugi. Tetapi juga tentang bagaimana kita memberikan manfaat bagi masyarakat melaui kegiatan sosial, berupa santunan 1000 anak yatim, bedah rumah, santunan fakir miskin, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat, khitanan massal dan lainnya. Itu sudah menjadi program setiap tahun Kopontren Idrisiyyah,” kata dia.

Terus berkembangnya Kopontren Idrisiyyah, kata AKA, selain jumlah anggota dan kantor cabang yang begitu banyak juga mendapatkan penghargaan Kopontren Terbaik Nasional pada 2006 dan penghargaan lainnya.

Termasuk AKA mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Koperasi Nasional dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

“Alhamdulillah kami mendapatkan dua penghargaan tinggi di bidang koperasi,” ujarnya, ramah.

Baca juga : Ponpes Idrisiyyah Tasik Cetak Santri Bermanfaat untuk Umat

AKA akan terus memajukan Kopontren Idrisiyyah, sesuai visi dan misi Kopontren Idrisiyyah, menjadi lembaga yang profesional membangun, bermitra dan mengakar di masyarakat dengan prinsip dan fondasi nilai-nilai Islam untuk meraih dunia akhirat yang khasanah.

Termasuk, di dalam visi, yaitu melaksanakan nilai-nila dan prinsip ekonomi kekeluargaan sebagai landasan ekonomi menjadi mitra yang profesional bagi masyarakat dan umat dalam membangun perekonomian serta menjadi mitra pemerintah dalam membangun ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.

“Artinya kita akan terus selalu berkontribusi dalam kemajuan ekonomi masyarakat,” papar AKA. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.