Kopi Garut Diekspor ke Cina dan Taiwan

63
0
Beni Yoga

TAROGONG KIDUL – Produsen kopi di Kabupaten Garut kini mampu mengekspor kopi arabika untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia. Saat ini dua negara di Asia yakni Cina dan Taiwan menjadi tujuan utama ekspor komoditi unggulan Garut itu.

“Kita sudah ekspor ke dua Negara, Cina dan Taiwan. Tahun ini sudah dua kali pemberangkatan dengan total 125 ton,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga kepada wartawan Rabu (4/12). Menurut dia, kopi yang diproduksi petani kopi di Kabupaten Garut saat ini sudah banyak diminati berbagai kalangan, termasuk penikmat kopi dari mancanegara.

Pemkab Garut pun, kata dia, terus berupaya mengenalkan kopi dari Garut dalam rangka meningkatkan penjualan dan ekspor kopi ke sejumlah negara lain. “Selama ini bekerja sama dengan petani kopi dalam rangka meningkatkan ekspor,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukannya yakni dengan menggelar festival kopi di Kabupaten Garut maupun mengikuti berbagai festival di daerah lain. Seperti Festival Kopi Garut 2019 Desember ini. “Nanti di festival kopi akan ada temu bisnis. Mudah-mudahan ini membuka peluang pasar,” ujarnya. Dia mengatakan Garut dikelilingi pegunungan dan memiliki sentra produksi kopi yang memiliki cita rasa dan keunggulannya masing-masing. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.