Geliat Pengusaha Muda di Kota Banjar

Kopi Luwak Patroman Menjadi Andalan

103
0
RAMAH. Husni Mubarok, pembuat Kopi Luwak Patroman ditemui di Kedai Silogisme Selasa (19/3). (Anto Sugiarto/radartasikmalaya.com)
Loading...

Kedai Silogisme menawarkan konsep berbeda. Tidak hanya menjual, di kedai ini konsumen bisa diberi pengetahuan soal kopi. Mulai dari proses penanaman hingga panen juga cara penyeduhan kopi.

Anto Sugiarto, Banjar

Husni Mubarok, pemilik kedai memulai usahanya dari membuat kopi luwak pada tahun 2017. “Awalnya terbesit seperti ingin mencoba buat kopi luwak langsung dari hewan. Kebetulan ada seekor luwak peliharaan,” ujar Husni di kedainya Selasa (19/3).

Awalnya sempat gagal. Namun dia tak putus asa. Percobaan membuat kopi luwak pun terus dilakukan beberapa kali hingga akhirnya berhasil. Kopi itu kini diberinama Kopi Luwak Patroman.

Begitu berhasil membuat kopi luwak, dia tak cepat puas. Berbagai pelatihan pun ditekuninya. Mulai dari sana, banyak pengalaman yang didapatnya. Seperti cara membuat kopi yang baik langsung dari ahlinya.

Loading...

“Semoga Kopi Luwak Patroman bisa dikenal tidak hanya di Kota Banjar, tapi nasional maupun internasional,” harapnya.

Setelah itu, Husni memutuskan membuat kedai. Dia pun memutuskan mendirikan kedai di depan kontrakannya.

Di kedainya ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati secangkir Kopi Luwak Patroman, tapi juga pengetahuan tentang kopi. Seperti cara penyeduhan kopi hingga proses pembibitan dan perawatan kopi.

“Pengunjung juga akan diajarkan cara roasting kopi yang baik sambil berdiskusi untuk menentukan cara memperlakukan kopi yang baik,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung Dani (22) mengaku selalu mampir di Kedai Silogisme bersama teman-temanya.

“Kopinya memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan dengan kopi lainnya. Ditambah pengunjung bisa belajar bagaimana cara membuat proses kopi,” katanya. (*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.