Kopi Robusta Pangandaran Terbaik di Jabar, Potensi Ekspor

30
0
KOMODITAS. Permintaan kopi di Jawa Barat terus meningkat.
Loading...

PANGANDARAN – Pangandaran jadi salah satu penghasil kopi robusta terbaik di Jawa Barat. Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Suryadi mengatakan produksi kopi robusta di Kabupaten Pangandaran mencapai 270,60 ton atau 711 kilogram per hektar. “Sementara untuk arabika belum ada,” jelasnya kepada Radar, Rabu (20/1).

Menurutnya, di Kecamatan Langkaplancar paling banyak memproduksi kopi robusta dengan total produksi mencapai 95,50 ton atau 809,87 kilogram per hektarnya.
Daerah penghasil kedua adalah Sidamulih dengan total produksi mencapai 40,89 ton. “Atau produksi yang mencapai 872,97 kilogram per hektarnya,” jelasnya.

Baca juga : Relokasi Pasar Pananjung Pangandaran Dimulai

Kata dia, saat ini pihaknya sedang mencoba meningkatkan produksi kopi di Kabupaten Pangandaran, termasuk peningkatan kualitasnya. “Termasuk kita membentuk organisasi Apeki sebagai mitra dari Dinas Pertanian, dalam peningkatan produksi kopi,” ucapnya.

Ia berharap kopi Pangandaran bisa bersaing dengan kopi di daerah lainnya. “Dan mudah-mudahan bisa diekspor atau bersaing dengan kopi dari negara lain,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.