Korban Banjir Buat Mahasiswa Miris

47
0
PEDULI. Mahasiswa yang tergabung dalam KAMMI Garut menggalang dana di area car free day Alun-alun Garut untuk disalurkan kepada korban banjir di Jabodetabek Minggu (5/1). Yana Taryana/ Rakyat Garut

GARUT KOTA – Berbagai Komunitas dan mahasiswa di Kabupaten Garut melakukan aksi menggalang dana untuk membantu korban banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor,  Tangerang dan Bekasi (Jobotabek).

Aksi penggalangan donasi yang dilaksanakan berbagai komunitas dan mahasiswa Garut ini dilaksanakan di berbagai lokasi di wilayah perkotaan Garut.

Seperti yang dilakukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Garut. Puluhan mahasiswa ini menggalang donasi di area car free day Alun-alun Garut.

“Aksi penggalangan dana untuk korban banjir di Jabotabek ini,  selain terjun di lapangan,  kita juga membuka melalui transfer rekening, “ ujar Ketua KAMMI Garut,  Rian Abdul Aziz, kepada Rakyat Garut,  Minggu (5/1).

Aksi penggalangan dana ini dilakukan, sebagai bentuk kepedulian para mahasiswa Garut terhadap korban bencana banjir ini.  Hal itu karena,  banjir yang terjadi di wilayah Jabotabek ini,  mengakibatkan ratusan ribu orang mengungsi di penampungan bahkan ada yang berteduh di bawah jalan tol, tinggal di area kuburan dan yang lainnya akibat rumahnya terendam.

“Kami kumpulkan donasi untuk membantu mereka yang terkena musibah. Kita ingin membantu meringankan beban korban banjir ini, “ terngnya.

Maka dari itu,  kata dia,  pihaknya mengajak kepada seluruh warga Garut untuk bisa memberikan donasi, baik itu berupa uang ataupun kelengkappan logistik lainnya,  seperti baju bekas layak pakai,  alat mandi, buku maupun makanan.

“Mari kita bantu saudara-saudara kita yang terkena musibah. Paling tidak kita doakaan para korban banjir ini supaya selamat, “ terangnya.

Rian mengaku  jika donasi sudah terkumpul, pihaknya akan langsung menyalurkan kepada korban banjir maupun bencana lainnya. Hal senada dilakukan, berbagai komunitas Garut yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM). Para komunitas ini mengumpulkan donasi untuk para korban bencana di Jabodetabek.

“Kita ingat saat kejadian banjir bandang sungai cimanuk di Garut. Banyak masyarakat luar yang memberikan bantuan. Nah sekarang giliran urang Garut yang membantu mereka,” kata Ketua FK KIM, Janur M Bagus,  kepada wartawan,  kemarin.

Menurut dia,  penggalangan donasi ini  akan terus dilakukan selama beberapa hari ke depan. Untuk hari ini (kemarin), merupakan awal pelaksanaan penggalangan dana tersebut.

“Kami apresiasi kekompakan para penggiat informasi dari lintas komunitas yang terus bergerak secara spontan dan sukarela,” terangnya.

Janur menambahkan kegiatan sosial ini sebelumnya kami pernah dilakukan, yakni menggalang dana untuk korban bencana yang menimpa wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah dan Tsunami Banten beberapa waktu lalu. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.