Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

Korban Bencana Akan Direlokasi

190
0

Pemerintah Akan Kaji Geologi Bencana
CIAMIS – Pelaksana Tugas Bupati Ciamis Ir Deddy Mulyadi mengatakan pemerintah akan menginventarisir kerusakan rumah akibat bencana retakan tanah di Rajadesa dan Panawangan.

Pemerintah Kabupaten Ciamis juga akan melakukan kajian geologi untuk mencari penyebab utama bencana itu. “Kita kaji dulu sumber permasalahannya,” jelas Deddy saat meninjau lokasi bencana retakan tanah di Desa Tanjungsari Kecamata Rajadesa Kamis (1/3).

Untuk langkah jangka panjang, kata dia, pemerintah akan menentukan tempat yang aman untuk relokasi warga setelah hasil kajian diketahui. Sedangkan untuk langkah jangka pendek, pemerintah akan menginventarisir korban bencana yang layak diberi bantuan. Bahkan, jika dirasa perlu, dana tak terduga bencana bisa dicairkan segera.

Sebelumnya, pemerintah juga telah menggelar rapat bersama sejumlah SKPD untuk pengajuan bantuan bagi korban bencana. Pengajuan itu selanjutnya akan diverifikasi oleh bagian keuangan.

“Nanti kemampuan kita berapa. Nanti prioritaskan yang perlu segera ditangani sambil membuat (langkah) jangka pendek dan jangka panjang seperti apa. Kalau jangka panjangnya nunggu kajian dulu. Sumber pergerakannya dimana pusatnya (pergerakan tanah, Red) dan dimana alurnya. Jadi, tidak bisa dikira-kira,” paparnya.

Sementara soal pohon rawan tumbang, dia mengatakan beberapa desa sudah memiliki peraturan desa (perdes) untuk menebang pohon yang dianggap membahayakan. Untuk pembuatan perda, pemerintah akan mengkajinya bersama DPRD. Apakah perlu atau tidak. “Kalau perlu surat edaran, cukup dengan surat edaran. Kalau perda kan itu legislatif,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.