Korban Longsor Kampung Sawah Garut Akan Direlokasi

28
0
H Rudy Gunawan Bupati Garut

PEMERINTAH Kabupaten Garut akan merelokasi seluruh korban maupun warga yang terdampak longsor di Desa Sukamulya Kecamatan Talegong.

“Kita akan segera relokasi korban longsor ke tempat yang lebih aman,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Kamis (3/12).

Rudy menerangkan saat ini pihaknya sudah memerintahkan Camat Talegong mencari tanah yang akan menjadi tempat relokasi. Nantinya pihaknya akan membangunkan rumah di lokasi yang aman dari ancaman bencana longsor.

“Anggarannya kita gunakan dari BTT (biaya tidak terduga). Saya minta semua direlokasi karena daerah itu tidak aman dan rawan longsor,” ujarnya.

Baca juga : PNS Garut yang Terlihat Narkoba Terancam Dipecat

Rudy menerangkan warga yang akan direlokasi bukan di wilayah yang sekarang terkena bencana longsor, tetapi ada beberapa wilayah lain di Kecamatan Talegong rawan terjadi longsor. “Di Talegong ini ada beberapa tempat yang sangat rawan bencana longsor,” katanya.

Terkait penanganan korban bencana longsor, Rudy sudah menginstruksikan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut mengirim bantuan tenda dan mendirikan dapur umum di lokasi bencana.

”Insya Allah secepatnya akan kita pulihkan kembali kondisi yang terjadi saat ini, kepada para korban semoga diberi ketabahan dan kesabaran, dan kepada masyarakat diharapkan tetap waspada ancaman bencana dalam situasi saat ini dengan curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Garut,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.