Beranda Ciamis Korban Pembunuhan Menjabat RT

Korban Pembunuhan Menjabat RT

165
BERBAGI
Ilustrasi Pembunuhan

CIAMIS – Kasus pembunuhan Karmin (48) oleh tersangka Dir (22) mengagetkan bagi Kades Pasirlawang, Purwadadi, Taryono. Karena di matanya, korban orang baik. Apalagi dia ketua RT.

“Makanya saya pribadi juga tidak menyangka Karmin menjadi korban pembunuhan,” ujar Taryono kepada Radar Rabu siang (11/4).

Karmin adalah tulang punggung keluarganya. Dia meninggalkan satu istri dan tiga anak. Sehari-hari, dia juga operator traktor.

Sepengetahuannya, korban dan tersangka Dir tidak saling kenal. Karena, tersangka merupakan warga Dusun Papandayan Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas.

Jadi tersangka pendatang. Saat musim tanam padi, dia datang ke Pasirlawang. Dia tinggal sementara di rumah kakaknya, Nana. Di mata warga, Dir juga orang baik.

“Mengenai kejadian pembunuhan itu saya menyayangkan sekali dan baru pertama kejadian sampai seperti ini. Semoga saja tidak ada kejadian lagi di wilayahnya seperti ini,“ ujar Taryono.

Berkaca dari kasus pembunuhan Karmin, Kades Taryono mengimbau masyarakat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Dikomunikasikan. Cari jalan keluarnya secara kekeluargaan.

“Semoga kejadian ini yang pertama dan terakhir. Tidak akan terulang kembali,“ imbaunya.

Terkait penanganan kasus pembunuhan Karmin, kata Taryono, pihak keluarga korban menyerahkan kepada polisi.

“Makanya kami serahkan kasus ini sepenuhnya kepada penegak hukum,“ ujarnya.
Polisi untuk sementara, menerapkan Pasal 338 KUHP jo Pasal 351 ayat 3 tentang Pembunuhan kepada tersangka Dir. Dia terancam penjara minimal 15 tahun dan maksimal seumur hidup, atau hukuman mati.

“Mengenai kasus ini kita ketahui awalnya perebutan lahan garapan sawah yang menyebabkan cekcok dan terjadi pembunuhan,” ungkap Kapolsek Lakbok Badri SH saat dihubungi Radar, Selasa (10/4).

Dia menjelaskan penanganan kasus itu telah dilimpahkan ke Polres Ciamis. Namun Polsek Lakbok tetap ikut membantu. Khususnya dalam mengumpulkan barang bukti dan saksi. Sebelumnya, polisi telah melakukan otopsi terhadap jenazah Karmin di RSU Sartika Asih Senin Siang (9/4). Hasilnya dijadikan pelengkap bukti untuk penanganan kasus tersebut. (isr)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.