Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Ciamis Mulai Sakit

30
0
ISTIMEWA MEMERIKSA. Korban pergerakan tanah di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis tengah memeriksakan kesehatan di Posko Balai Kampung Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Senin (11/1).
Loading...

CIAMIS – Warga yang menjadi korban pergerakan tanah di Dusun Cilmus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan mulai mengeluhkan sakit.

Kepala Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Ana Rusliana mengatakan, sekarang banyak warganya yang mengungsi mengeluhkan sakit. Mereka memeriksakan kesehatan ke bidan desa di posko.

Kebanyakan keluhannya tekanan darah tinggi, karena mereka banyak pikiran. Mereka memikirkan masalah tempat tinggalnya hancur dan bingung untuk membangun rumah karena dalam kondisi tidak mempunyai uang.

“Mereka mengungsi di rumah saudaranya bebannya malu. Jadi kepikiran terus,” ujarnya Senin (11/1).

Baca juga : Ini Kapolres Ciamis Baru, AKBP Dony Eka Minta Maaf

Loading...

“Jadi semua ingin tetap direlokasi secepatnya, makanya sekarang mereka pada sakit pikir yakni keluhannya hipertensi, karena banyak pikiran,” ujarnya.

Bidan Desa Indragiri Nani Mulyani mengatakan memang sejak awal ada beberapa masyarakat yang mengungsi, karena pergeseran tanah, mempunyai latar belakang punya penyakit tekanan darah tinggi.

“Seperti yang dirawat kemarin satu orang namanya Dedeh di Puskesmas Panawangan setelah melahirkan punya hipertensi esensial dan sejak awal, namun ketambah-tambah sekarang kena bencana, pasti kepikiran dan hipertensi naik,” ujarnya.

“Rencananya saya juga nanti sore sekitar pukul 16.00 periksa lagi masyarakat yang korban terdampak bencana,” kata Nani.

Nani mengaku siaga terus di Balai Rakyat Kampung Cilimus untuk memeriksa kesehatan masyarakat yang terdampak korban pergerakan tanah.

“Upayakan kami berikan ketenangan kepada mereka agar istirahat cukup dan jangan terlalu banyak pikiran,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.