Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Korea Selatan Kembangkan Pertanian di Garut

26
0
MENJELASKAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan diwawancara wartawan.
MENJELASKAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan diwawancara wartawan.

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah Damyang, Korea Selatan dalam mengembangkan sejumlah produk pertanian di Kota Dodol ini.

“Kita menjalin kerja sama internasional dengan Korea Selatan ini dalam meningkatkan teknologi pangan di Garut. Di sana teknologi pertaniannya sudah maju,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Sabtu (5/10).

Menurut dia, nantinya dalam kerja sama ini akan mengembangkan sejumlah produk pertanian, seperti bawang putih, kentang, dan lainnya.

“Dalam kerja sama ini, kita siapkan lahan 200 hektare untuk digunakan dalam mengembangkan berbagai produk pertanian ini,” kata dia.

Ia menuturkan, pengembangan pertanian itu melibatkan PTPN VIII yang memiliki lahan pertanian seluas 200 hektare dan 20 hektare untuk laboratorium di Kecamatan Karangtengah dan Cikajang.

Ia mengungkapkan kerja sama itu berupa pemberian bantuan teknologi pertanian yang dimiliki oleh Korea Selatan, sedangkan Garut memiliki lahan yang cocok untuk mengembangkan produk pertanian unggulan seperti kentang, bawang putih, termasuk buah stroberi.

“Nanti petani di Garut akan miliki bibit yang berkualitas seperti bawang putih yang tadinya produksi 1,8 ton, nanti bisa di atas 10 ton,” katanya.

Ia berharap kerja sama itu dapat berlangsung terus dalam menerapkan efisiensi air, pupuk dan menjadikan tanaman yang kuat dari serangan hama penyakit.

Selama ini, lanjut dia, kendala petani di Garut yaitu mengembangkan bibit pertanian yang unggul, salah satunya bawang putih.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga menambahkan, kerja sama dengan Korea Selatan itu akan memberikan dampak positif dalam pengembangan produk usaha pertanian di Garut.(yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.