Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Korsleting Listrik Dominasi Penyebab Kebakaran di Kota Tasik

65
0

DJUANDA – Musim kemarau yang melanda Kota Tasik hingga kini menyebabkan angka bencana kebakaran mengalami kenaikan signifikan.

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun dari Dinas Satpol PP dan Damkar, di bulan Agustus 2019 telah terjadi 13 titik kebakaran, baik kebakaran bangunan maupun lahan gambut.

Sedangkan di September ini, 2 titik kebakaran terjadi. Salah satu titik kebakaran di bulan ini yang terbaru adalah, Minggu (8/9).

Saat itu, si jago merah membakar kios-kios pedagang di Pasar Cikurubuk. Petugas Damkar pun sigap menjinakan si jago merah agar tak merambat ke kios-kios lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar, Mulyono mengatakan, kebakaran ini didominasi korsleting arus listrik.

“Selain itu kebakaran juga diakibatkan puntung rokok yang dibuang sembarangan saat rokoknya masih menyala,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Selasa (10/9).

Terang dia, angka peristiwa kebakaran d tahun ini meningkat hingga 30 persen. Selama 2018 kemarin terjadi 54 peristiwa kebakaran yang ditangani pihaknya. Sementara itu, untuk tahun ini hingga September, pihaknya sudah menangani sebanyak 47 peristiwa kebakaran. “Memang ada kenaikan angka peristiwa kebakaran,” terangnya.

Peristiwa kebakaran tahun ini, lanjut Mulyono, didomimasi kebakaran di wilayah permukiman.

Di samping itu ditambah dengan peristiwa kebakaran lahan saat kemarau panjang melanda.

“Kebakaran lahan kosong terjadi di satu bulan terakhir tapi tidak sampai parah. Kebakaran lahan kadang ada orang yang membuang puntung rokok atau karena membakar sampah,” bebernya.

Untuk kebakaran di kawasan permukiman, tambah dia, rata-rata diakibatkan instalasi listrik yang tidak sesuai standar. Adapun wilayah rawan kebakaran di Kota Tasikmalaya di antaranya wilayah yang padat penduduk seperti Kawalu, Mangkubumi, Cihideung, dan Cipedes.

“Kami mengimbau jangan membuang puntung rokok sembarangan, jangan membuang sampah sembarangan, lalu periksa instalasi listrik untuk menimalisir terjadinya kebakaran,” tukasnya.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.