Korupsi Jalan Cising Tasikmalaya, Kejati Periksa Pemborong, Konsultan dan 7 Pejabat Dinas

434
0
DIWAWANCARA. Kasi Penyidik Kejati Provinsi Jawa Barat Yanuar Rheza diwawancarai usai penggeledahan di kantor Dinas PUPR.
Loading...

TASIK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat sudah memeriksa 12 saksi terkait dugaan korupsi dan mark-up anggaran pembangunan Jalan Ciawi-Singaparna (Cising) tahun 2017.

“Dalam wak­tu dua hari Rabu-Kamis (14-15/11), kita sudah me­lakukan pe­riksa­an terhadap 12 saksi,” ujar Kasi Penyidik Kejati Provinsi Jawa Barat Yanuar Rheza kepada Radar, kemarin.

Menurut Rheza, pemeriksaan pertama dilaksanakan Rabu (14/11) terhadap tujuh pejabat Dinas PUPR. Diantaranya mantan Kadis PUPR tahun 2017, Kabid Konstruksi, Kabid Jalan, PA, KPA, PPK dan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP).

Sedangkan, pada Kamis (15/11) lima orang saksi diperiksa yakni tiga rekanan dan dua konsultan. “Iya, kita sudah periksa semua saksi yang terlibat dalam proyek Cising,” kata Rheza.

Kedua agenda pemeriksaan tersebut, kata Rheza, masing-masing selama delapan jam. Dengan materi pemeriksaan seputar proses perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan pem­bangunan jalan dan jembatan Cising dari APBD 2017.

loading...

”Jadi pemeriksaan ini hasil dari penyelidikan dan penggeledahan dokumen dan hardisk di PUPR,” paparnya.

Saat ditanya apakah ada pejabat lain yang ikut terlibat dalam proyek yang merugikan negara senilai 2,5 miliar tersebut? Rheza menegaskan belum ada. ”Kita fokus dalam perkara dugaan korupsi.

Intinya siapa pun yang terlibat dalam perkara tindak pidana korupsi pasti akan diperiksa,” tegasnya.

Adapun soal penetapan tersangka, kata Rheza, Kejati akan secepatnya menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dan mark-up serta subkontrak dalam proyek Cising 2017.

“Nanti ya. Ditunggu saja. Kita harus mendapatkan alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka,” bebernya.

Hasil dari tahapan penyelidikan, penyidikan, serta penggeledahan akan dijadikan dasar Kejati menetapkan tersangka.

”Begitu alat bukti sudah cukup, kita segera tetapkan tersangka. Untuk saksi ahli, sudah diperiksa. Saksi ahlinya dari akademisi dan profesional,” bebernya. (diki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.