Kota Banjar Belum Punya Rapid Test Antigen

98
0
RAPID TEST GRATIS. Salah seorang warga melakukan rapid test di lapang tenis Pendopo Kota Banjar Rabu (30/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
RAPID TEST GRATIS. Salah seorang warga melakukan rapid test di lapang tenis Pendopo Kota Banjar Rabu (30/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
Loading...

BANJAR – Pelaksana rapid test antibodi gratis di lapang tenis Pendopo Kota Banjar masih berlangsung sampai saat ini. Namun ada beberapa warga yang menginginkan di-rapid test antigen. Karena alatnya belum tersedia, sehingga mereka memilih pulang.

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra mengatakan pihaknya sampai saat ini belum mempunyai alat (kit) rapid test antigen karena anggaran yang sebelumnya difokuskan untuk rapid test antibodi.

“Untuk hasilnya hampir sama, jika reaktif (positif, Red) tetap harus dilanjutkan dengan test PCR atau swab test,” kata dia kepada wartawan, Rabu (30/12).

Baca juga : Warga Kota Banjar tak Perlu Ragu untuk di-Vaksin Covid-19

Terlebih, kata dia, kit rapid test antibodi stoknya masih banyak sehingga harus dihabiskan. Rencana nanti diganti oleh rapid test antigen tahun depan, karena saat ini belum bisa mengadakan.

Loading...

Meski demikian, kata dia, masyarakat yang menjalani rapid test antibodi masih banyak peminatnya, karena digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa gunakan rapid antigen. Namun yang lebih akurat hasilnya tetap harus di-swab test,” kata dia menjelaskan.

Menurutnya, tetap untuk memutus mata rantai penularan atau penyebaran wabah Covid-19, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) agar tidak terpapar virus corona. Termasuk, menjaga kesehatan dan imunitas tubuh dengan baik.

Salah seorang warga, Yenni mengaku datang ke Pendopo Kota Banjar ingin menjalani rapid test antigen, namun sesampainya di lokasi hanya melaksanakan rapid test antibodi saja.

“Kata teman mah suruh datang ke Pendopo ada rapid test gratis. Saya pikir rapid test antigen, pas sampai bukan, hanya rapid test biasa (antibodi, Red). Ya terpaksa rapid test antigen mandiri di klinik,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.