Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.1%

7.2%

70.8%

Kota Tasik Kebagian 2.400 Paket Sembako untuk Pegiat Seni

71
0
HIBUR. Penampilan tarian saat penyerahan bantuan dari Kemensos RI.

CIHIDEUNG – Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengucurkan bantuan sosial sebanyak 2.400 paket sembako, bagi pegiat seni budaya di Kota Tasikmalaya.

Pendistribusiannya langsung diserahkan Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemensos, Grace Batubara, yang diterima Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT).

Baca juga : Erafone Plaza Asia Tasik Buka PO Asus ROG Phone 3

“Bantuan kemanusiaan ini, kami gulirkan bagi masyarakat yang belum sama sekali mendapat bantuan dari pintu mana pun. Kita ketahui, virus corona ini mengubah segala tatanan, tidak hanya ekonomi tetapi juga sosial terhadap seluruh lapisan,” ucap Grace, usai penyerahan bantuan secara simbolis di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT), Rabu (16/9).

Ia mengaku bersyukur sejauh ini Pemkot terbilang proaktif dalam membantu pemerintah pusat. Berkaitan program bantuan sosial semasa pandemi Covid-19.

Selain itu, elemen masyarakat pun, salah satunya pegiat kesenian melalui DKKT, aktif mendorong supaya para praktisi seni budaya setidaknya mendapat perhatian pemerintah.

“Kita bersyukur Pemkot sudah membackup pusat dalam sejumlah program bantuan. Disamping itu, elemen masyarakat pun aktif sehingga kita bisa menggulirkan program ini ke Kota Tasikmalaya,” tuturnya.

Pihaknya meminta maaf apabila bantuan tersebut baru bisa direalisasikan, meski usulannya sudah cukup lama. Sebab, kementerian tidak hanya memperhatikan satu daerah melainkan secara Nasional.

“Kita ketahui tidak hanya warga kurang mampu, banyak masyarakat mendadak miskin. Semua yang berkegiatan, bekerja, tiba-tiba berhenti karena pandemi,” keluh Istri Menteri Sosial Juliari Batubara tersebut.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf bersyukur adanya realisasi bantuan, terhadap para pegiat seni melalui DKKT. Ia mengapresiasi DKKT yang responsif dalam menyuarakan usulan bantuan, terutama bagi para pegiat seni yang selama pandemi tidak tersentuh bantuan.

“Kebanggaan bagi kami atas upaya Bode Riswandi dan kawan-kawan, yang turut membantu Pemkot mengusulkan bantuan ini ke Pemerintah Pusat. Di samping Pemkot tengah berjibaku menuntaskan bansos bagi warga kurang mampu dan terdampak,” tuturnya.

Sekretaris DKKT, Kepler Sianturi merinci bantuan paket sembako yang didistribusikan 2.400 paket. Sebanyak 600 diantaranya untuk organisasi DKKT. 710 Yayasan Ahklak Mulya Utama Lil Alamin, 390 paket bagi Yayasan Torikul Zanah, serta 400 paket bagi Yayasan Alfurqon dan 300 paket bagi Yayasan Simponi.

“Kita bersyukur usulan yang telah diupayakan sejak jauh-jauh hari ini bisa terealisasi. Bantuan berupa beras, gula, minyak goreng dan mie instant in setidaknya dapat meringankan beban rekan-rekan,” kata Kepler.

Baca juga : Dahsyat, Hari Ini Kota Tasik Nambah 7 Orang Positif Corona, Mambo Kuliner dll Akan..

Ia menambahkan para pegiat seni budaya sejak Maret sampai Agustus 2020, ‘puasa’ berekspresi di bidang seni masing-masing. Padahal, wabah corona tidak hanya berdampak bagi segmentasi masyarakat tertentu, termasuk seniman budayawan yang hidup dari pertunjukan atau pagelaran.

“Awalnya kecemburuan, ketika masyarakat mendapat bantuan tetapi seniman khususnya di Kota Tasikmalaya hampir tidak dapat. Namun, ketika ini direspons pusat dan ternyata bisa direalisasikan,” ungkapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.