Kota Tasik Punya GKC dan OPOP

75

TASIK – Pembangunan Gedung Kreatif Center (GKC) Kota Tasikmalaya akan segera dibangun tahun ini (2019). Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Hadian mengatakan, lokasi pembangunan gedung kreatif berada di Komplek Dadaha.

Fungsinya, kata Hadian, sebagai wadah untuk para seniman, budayawan, para milenial, para pemuda dan pemudi sehingga untuk menuangkan kreatifitasnya.

“Sekarang lagi penyusunan perencanaan-perencanaannya. Pembangunannya direncanakan tahun ini,” katanya kepada Radar, beberapa waktu lalu.

Hadian menerangkan, anggaran yang digunakan adalah anggaran dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Desainnya juga diberikan dari Pemprov Jabar, tetapi tidak menghilangkan kearifan-kearifan lokal yang ada di Kota Tasikmalaya seperti anyaman, payung geulis, kelom geulis, anyaman bambu, anyaman bendong dan lainnya,” ujar Hadian.

Hadian mengatakan gedung kreatif tersebut nantinya menyediakan souvenir-souvenir dan ada workshop-nya juga yang dapat dibeli oleh masyarakat.

Terkait komoditi unggulan, kata Hadian, pihaknya telah membuat suatu kawasan industri kerajinan One Plus One Product (OPOP).

“Seperti kawasan kreatif bordir di Kawalu, kawasan kelom geulis di Tamansari, mendong di Purbaratu, payung geulis Indihiang, batik di Cipedes, anyaman bambu di Mangkubumi, ini sudah dipetakan semua, dan ini menjadi destinasi kreatif di Kota Tasikmalaya,” pungkasnya. (anshari)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.